Budidayakan Lebah Trigona spp Angkatan ke 2 Balai Pelatihan LHK Pematangsiantar.

23 Mei

Purwokerto, 23 Mei 2024
Budidayakan Lebah Trigona spp Angkatan ke 2 Balai Pelatihan LHK Pematangsiantar.
Balai Pelatihan LHK Pematangsiantar bulan ini telah melaksanakan pelatihan bagi kelompok dengan materi Budidaya Lebah Madu Kelulut ( Trigona spp ) angkatan 2 tahun 2024 melalui Blended Learing selama 4 hari 20, 21, 30 dan 31 Mei 2024 yang diikuti 30 peserta dari Provinsi Sumatera Barat. Pada hari ini 23 Mei 2024 (yang seharusnya 21 Mei 2024) kami Kusno bersama Teguh Waluyo ( KTH. Petani Muda Prawita) diberi materi “Kiat Sukses Membudidayakan Lebah Trigona spp “ melalui zoom meeting.
Adapun peserta pada angkatan 2 ini terdiri dari perwakilan kelompok:
HKm Padang Kubuak
LPHN Paninjauan 2
KTH Permata 2
UPTD KPHL Agam Raya 7 peserta
KTH Batu Gajah Sepakat 2
KUPS Sitinjaui Lauik
KUPS Sarasah Tirta Sari
LPHN Pagadih 2
KUPS Tampuniak Pulau Maua
KUPS Sarasah Tirta Sari
KTH Rimbo Lestari Maninjau
LPHN Lubuk Basung 2
LPHN Kamang Mudiak
KTH Kebun Gadang Sajati
LPHN Nagari Koto Kaciak
LPHN Simarasok
KUPS Kamang Mudiak
KUPS Sitinjaui Lauik
HKm Kampung Melayu Saiyo

“Sejahterakan LEBAH, Maka LEBAH akan mensejahterakan ANDA“
Lebah Sebagai Media Konservasi : Berdampak lingkungan, Berdampak ekonomi dan Berdampak pada lebah. Perawatan meliputi Pencegahan terhadap hama, Pengecekan koloni secara berkala, Membersihkan kotak/ toping dari kotoran dan jamur, Donor telur ratu atau pekerja, , memisahkan antara koloni kuat dan koloni lemah, Penyebaran koloni sesuai ketersediaan pakan, dll. Kemudian metode perbanyakan koloni melalui 2 cara yaitu manual dengan cara pecah koloni secara paksa dengan resiko perkembangan lambat, rasio berhasil 50 :50, Produktivitas koloni induk menurun, dan koloni induk rentan punah. Cara ALAMI dengan kelebihan : perkembangan cepat, rasio berhasil 90 %, Produktivitas koloni induk tetap dan koloni induk terganggu. Disamping hal tersebut diatas juga disampaikan hama yang mengangguh koloni budidaya lebah trigona, cara pembuatan design kotak serta vegetasi yang baik serta produk yang dapat dihasilkan dari budidaya lebah trigona spp.

Semoga adanya pelatihan yang diselenggarakan Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematangsiantar ini dapat bermanfaat serta tumbuhnya budidaya lebah madu sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat berdampak pada sektor ekonomi, Kesehatan, lingkungan, ekologi serta konservasi alam yang berkelanjutan. Upaya Balai Pelatihan LHK Pematangsiantar berperan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pembinaan kelompok masyarakat dan sumber daya alam yang lebih baik.

Kami sebagai bagian dari masyarakat tentunya mengucapkan terima kasih telah bersama sinergi berbagi wawasan dalam pemberdayaan masyarakat untuk kelestarian alam khususnya lebah trigona spp yang bermanfaat bagi alam dengan penyerbukan dan manusia mendapatkan madu untuk kesehatan dan ekonomi dengan berbagai produk turunan serta efek lain seperti edukasi, wisata dan kelestarian lingkungan. Kami berterima kasih kepada Balai Pelatihan LHK Pematangsiantar yang telah memberi waktu kepada kami untuk berbagi wawasan budidaya lebah kelulut pada tanggal 16 dan 23 Mei 2024.
Oleh : KUSNO Banyumas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.