Sinergi Untuk Bumi Pertiwi ARUNA PALA SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga

20 Jan

Purwokerto, 20 Januari 2024
Sinergi Untuk Bumi Pertiwi ARUNA PALA SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga.

Siswa Pecinta Alam (SISPALA) dari SMA Negeri 1 Kutasari melakukan kegiatan luar sekolah berupa ngobrol santai seputar lingkungan dengan tema KONSERVASI SINERGI UNTUK BUMI. Pada hari ini 20 Januari 2024 yang diselenggarkan di desa Baseh Kedungbanteng bersama Kader Konservasi Alam (KKA) dan narasumber lain yang ada di Kabupaten Banyumas. Dibawah pendampingan dari guru dan senior tentunya peserta akan lebih terarah tujuan kegiatan ini sebagai bentuk nyata mengaplikasikan kegiatan di alam khususnya di sekolah. Peserta dan pendamping yang hadir sbb :

  1. Muhammad Helmy Raffi Alzena
  2. Andika putra priyadi
  3. Afif Adnan nufair
  4. Lujeng setio bekti
  5. Safa ade palupi
  6. Regita adya pramesti
  7. Novika lesy rahmawati
  8. Agista Tri sukesti
  9. Elsa widya sari
  10. Rifkha khoerunnisa
  11. Rahman junianto
  12. Sukasih
  13. Rafael fanistra utoro
  14. Astian Faza Aulia
  15. Firadea Yingka Gunandar
  16. Misritanti
  17. Yogi Angga
  18. Jukianto
  19. Jeuri Prasrtio
  20. Mugiono
  21. Nicko Putra
  22. Harun

Adapun rangkaian kegiatan “Sinergi Untuk Bumi” ini kami sajikan lebih santai berupa dengan materi

  1. Makna Konservasi Alam oleh Kusno (KKA)
  2. Kebijakan Konservasi Alam oleh Kaswandi, SP (CDK VI)
  3. Kembali ke organik santapan bumi yang sehat oleh Budi Winarso (KKA)
  4. Konsevasi dan Praktek Sambung Bibit Pohon Alpukat oleh Widodo Hermanto (KKA)
  5. Sispala dalam berperan mendukung sekolah adiwiyata oleh Tri Winanto (DLH)
  6. Budaya Menanam oleh Sukirlan Rejo (Goramas)
  7. Diskusi
  8. Mlaku Bareng ke Kebun Salak Pondoh dan Menanam

Hal tersebut sebatas pengenalan dengan durasi waktu dibatasi dengan harapan akan menjadi bagian semangat cinta alam bagi generasi kita.

Kegiatan diselenggarakan di pekarangan rumah warga sambil menikmati beberapa jenis tanaman ya sudah langka, karena hujan akhirnya pindah ke aula balai desa Baseh. Dari rangkaikan kegiatan ini tentunya dapat menjadi bagian bakti pertiwi yang banyak diharapkan kelestarian alam kebutuhan kita. Aruna Pala sebagai generasi penerus tentunya harus banyak disuport dalam kegiatan selanjutnya, karena bagian penting dalam membuat lingkungan sekolah lebih asri, nyaman, rindang, serta kebersihan akan terjaga. Tidak banyak yang meminati ekstra kulikuler Sispala dan Sispala seharusnya dapat berkembang baik salahnya satunya mewujudkan sekolah adiwiyata dan kelak menjadi garda terdepan dalam pelestarian alam.


Setelah materi selesai peserta ke kebun salak pondoh yang tidak jauh dan melakukan praktek sambung pohon alpukat dan menanam pohon alpukat. Peserta boleh petik salah untuk dimakan dilokasi sepuasnya.
Kami sebagai bagian dari masyarakat yang ikut senang dan bahagia didatangi adik-adik Aruna Pala SMAN 1 Kutasari Purbalingga hanya sedikit yang kami lakukan berbagi pengalaman dan sebagai kenang-kenangan bibit tanaman pucuk merah, alpukat, blimbing wuluh dan cendana. Semoga tumbuh dan bermanfaat bagi sekitarnya. Kami bersama teman-teman dari Banyumas mengucapkan teirma kasih kepada pihak SMAN 1 Kutasari terutama Kelapa Sekolah yang telah memberi ijin kegiatan diluar di tempat kami, guru pembina, senior/pendamping Aruna Pala ( Nicko Putra Perdana,Mugiono, Yogi Angga Laksana, Jukianto, Harun, dan Jefri) maaf kami apabila kami kurang dalam sambutan dan lainnya.

Oleh : KUSNO Banyumas

Satu Tanggapan to “Sinergi Untuk Bumi Pertiwi ARUNA PALA SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga”

  1. Jukianto Maret 27, 2024 pada 4:26 pm #

    Terimakasih Pak Kusno dan pegiat lingkungan Banyumas atas kesempatannya memberikan Ilmu serta pengalamannya kepada kami Anggota Aruna

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.