Daun Kemangi (Ocimum sanctum) Yang Punya Rasa Khas dan Berkhasiat Untuk Tubuh Kita

9 Nov

Purwokerto, 9 November 2023
Daun Kemangi (Ocimum sanctum) Yang Punya Rasa Khas dan Berkhasiat Untuk Tubuh Kita

Sepertinya sudah banyak yang mengenal daun kemangi, karena kita sering menjumpai pada hidangan di rumah makan, kuliner yang banyak menggunakan daun kemangi. Menurut catatan yang ada dimedia online kemangi berasal dari India. Tiap daerah mempunyai nama yang berbeda, seperti di Saraung (Sunda), Lampes ( Jawa ), Kemangek (Madura), Uku-uku (Bali), Lufe-lufe (Ternate), Thailand (manglak)
Kemangi ternyata banyak khasiatnya sebagai suplemen maupun obat herbal. Tetapi selama ini hanya paham kemangi hanya konsumsi seperti sayur yang lain. Setiap tumbuhan diciptakan mempunyai manfaat, hanya saja masyarakat seperti saya tidak banyak paham khasiatnya bagi tubuh kita. Kadang ketidakpahaman sehingga konsumsi terlalu berlebih atau tidak suka karena belum memahami khasiatnya.
Kemangi mudah dibudidayakan dan secara ekonomi juga banyak membantu para petani itu sendiri. Bagi yang tidak punya lahan banyak, cara menanam dengan pot atau polibag itu sudah banyak dilakukan. Tentunya kita perlu sedikit mempelajari manfaat daun kemangi bagi kita. Beberapa manfaat dari kemangi diantaranya sbb:

Semoga apa yang saya rangkum sebagai bagian khasanah ilmu dan tulisan inipun bersumber dari pengalaman sobat alam dan juga literatur baik yang ada dibuku atau didunia maya atau internet yang mudah banget diakses.

Oleh : KUSNO Banyumas

Satu Tanggapan to “Daun Kemangi (Ocimum sanctum) Yang Punya Rasa Khas dan Berkhasiat Untuk Tubuh Kita”

  1. jeng Januari 19, 2024 pada 6:16 pm #

    Budidaya kemangi di kabupaten banyumas bisa ditemukan dimana ya kebunnya? Apakah ada daerah tertentu yang banyak menghasilkan kemangi.. terima kasih

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.