Daun Mangkokan (Polyscias scutellaria) Kaya Manfaat

1 Apr

Banyumas, 01 April 2021

Daun Mangkokan (Polyscias scutellaria) Kaya Manfaat

Pekarangan rumahku saya tanam sebagai pagar hidup yang kaya akan manfaat yaitu daun mangkokan. Menurut tulisan di Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, mangkokan atau daun mangkokan (Polyscias scutellaria) adalah tumbuhan hias pekarangan dan tanaman obat yang relatif populer di negeri terinta Indonesia. Namanya mengacu pada bentuk daunnya yang melengkung serupa mangkok. Ia di pelbagai daerah juga disebut seperti mamangkokan ( tanah pasundan), godong mangkokan ( Jawa), mangko-mangko (Makasar), daun papeda (Ambon) dan wilayah lain saya tidak tahu. Semak yang tumbuh di daerah tropika, asal dari  pasifik Baratdaya, yang dapat mencapai ketinggian 6 m apabila tidak kita potong pohonnya.  

Tanaman toga atau berkhasiat obat yang cukup enak dini saya sering buat pecel, urab, lalab dan campur buat mie instan. Belum mencoba…? Coba dulu baru merasakan enaknya. Dalam tulisan yang saya cuplik baik dari buku atau dari tulisan di internet ternyata cukup kaya manfaat. Jadi kalau tidak menanamnya sangat disayangkan. Karena disamping buat makanan tambahan berkhasiat obat juga buat tanaman penghijauan sekaligus pagar pekarangan atau hiasan.

Melansir buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Drs. H. Arief Hariana, pohon mangkokan mengandung vitamin A, C, dan B. Tidak hanya itu, pohon mangkokan juga mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, lemak, kalsium, fosfor, dan besi. Pohon mangkokan memiliki efek farmakologis antiinflamansi, peluruh seni, dan antirontok. 

Manfaat mangkokan untuk kesehatan:

  1. Pembengkakan dan melancarkan ASI, Daun mangkokan baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan, karena bermanfaat untuk melancarkan AS, mengobati pembengkakan payudara. Siapkan daun mangkokan tua, minyak kepala, dan kunyit parut kemudian remas daun mangkokan dan tambahkan minyak kepala serta kunyit parut.  Panaskan semua bahan yang dicampur di atas api lalu bubuhkan ramuan herbal tersebut di permukaan payudara yang membengkak.  
  2. Susah buang air kecil. Daun mangkokan bisa jadi solusinya karena mangkokan memiliki efek farmakologis deuretik alias peluruh kencing. Rebus 25 gram daun mangkokan dengan satu liter air sampai mendidih dan menyisahkan air setengahnya dan minum dua kali sehari. 
  3. Rambut rontok. Daun mangkokan memiliki efek farmakologis antirontok (rambut). Anda yang enggan menggunakan obat kimia untuk mengobati rambut rontok, ambil daun mangkokan kemudian potong kecil-kecil 25 gram dan tambahkan miyak kelapa lalu remas-remas semua bahan sampai menyatu dan ambil airnya, usapkan air daun mangkokan dan minyak kelapa tersebut di permukaan kulit kepala sambil dipijat-pijat. 
  4. Bau keringat. Cukup merebus 13 gram daun mangkokan segar dengan tiga gelas air kemudian rebus sampai mendidih dan menyisahkan dua gelas air lalu minum air rebusan daun mangkokan dua kali sehari masing-masing satu gelas. 
  5. Luka. Anda cukup tumbuk daun mangkokan sampai halus lalu bubuhkan di atas kulit yang terluka kemudian oleskan daun mangkokan tiga kali sehari agar luka cepat sembuh
  6. Untuk memperlancar sistem pencernaan.  Manfaat pertama dari daun mangkokan adalah sebagai salah satu jenis daun yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan seperti atau kesulitan buang air besar, diare, dan juga buang air kecil yang tidak lancar. Daun mangkokan tersebut dengan cara direbus dan dimakan sebagai lalapan sesuai selera bisa juga ditumis.
  7. Memperlancar peredaan darah. Mangkokan memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sebab kandungan zat besi ini merupakan salah satu mineral yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah.
  8. Mencegah munculnya gejala anemia. Karena memperlancar peredaran darah dengan manfaat zat besi yang terkandung pada daun mangkokan, juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu mencegah gejala anemia.
  9. Dapat menjadi antioksidan tubuh. Manfaat daun mangkokan ternyata mengandung manfaat antioksidan sehingga daun mangkokan mampu untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penakit, dan juga dapat meningkatkan kekebalan dan juga daya tahan tubuh.
  10. Membantu mencegah kemunculan dari tanda penuaan dini dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda.
  11. Baik untuk kesehatan mata. Manfaat penting lain dari daun mangkokan bagi kesehatan adalah untuk kesehatan mata karena kandungan manfaat vitamin A.
  12. Dapat menyembuhkan sariawan. Daun mngkokan juga memiliki kandungan vitamin C baik untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kita, juga dapat membantu mencegah dan juga mengobati sariawan.
  13. Anti bakteri. Daun mangkokan selain baik sebagai antioksidan, juga berperan penting sebagai anti bakteri. Hal ini membuat daun mangkokan sering dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya infeksi dan juga membantu mencegah masuknya bakteri serta kuman penyebab penyakit ke dalam tubuh kita.
  14. Baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan daun mangkokan lainnya adalah manfaat vitamin D dan bersamaan dengan fosfor dan juga manfaat kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Bagi mereka yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, dapat juga membantu menambah tinggi badan dan juga mengoptimalkan fungsi serta struktur dari tulang.

Jadi kita menambah wawasan betapa sayangnya Sang Maha Pencipta Alam yang ada disekitar kita. Apabila kita tidak memahami tentunya sangat disayangkan. Untuk itulah manfaat membaca dari berbagai sumber akan meningkatkan peran kita sebagai bagian yang harus saling berbagi dalam kebaikan. Manfaat daun mangkokan hari ini pembaca telah tambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Bersama menjaga keanekaragaman hayati disekitar kita

Bersama memanfaatkan dengan arif dan bijaksana

Belajar dari berbagai sumber tentunya lebih baik daripada tidak belajar

SALAM SEHAT… INDONESIA SEHAT.. MASYARAKAT SEJAHTERA

Oleh : KUSNO Banyumas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.