Daun Cakra Cikri (Polyscias filicifolia) Kaya Manfaat

1 Apr

Banyumas, 01 April 2021

Daun Cakra Cikri (Polyscias filicifolia) Kaya Manfaat

Bagi masyarakat desaku daun cakra cikri bukan hal yang asing terutama bagi generasi diatas seperti saya. Cakra Cikri (Polyscias filicifolia) yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Biasanya dimasak sebagai pecel, lalab, urab yang cukup enak juga untuk dimasak bersama mie instan ( kebiasaanku ). Cakra cikri saya tanam sebagai pagar pekarangan yang cukup bermanfaat karena mudah banget ditanam batangnya. Batang pohon cakra cikri dipotong langsung ditanam tumbuh subur, jadi mudah banget cara menanamnya.

Selain sebagai penambah vitalitas perempuan daun cakra cikri juga mempunyai manfaat lain yaitu:  mencegah aterosklerosis, membuat tubuh jadi langsing,  menurunkan berat badan, mengatasi sembelit, cegah maag, menajamkan penglihatan, menyegarkan kulit, mengatur keseimbangan cairan, obat pusing, antibiotik, meningkatkan kebugaran tubuh, membesarkan otot, meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan selulit, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan hb, mencegah pembengkakan, menyehatkan jantung.

Untuk era sekarang yang demam akan masakan kuliner local, tentunya daun cakra cikri salah satu yang harus dibudidayakan disamping untuk menambah hijaunya lingkungan sekitar kita juga menambah ekonomi keluarga dan kesehatan karena salah satu jenis tanaman herbal. Penggunaan daun cikra-cikri juga tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu panjang karena bisa menyebabkan penurunan nafsu makan dan minum. (dikutip dari berberapa sumber artikel dan kearfian lokal)

Selamat budidaya tanaman herbal kaya manfaat

Menuju Indonesia Sehat dan Ekonomi Bangkit…dan Sejahtera…..

Oleh : KUSNO Banyumas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.