Hutan Adat Tembaksela Desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas

28 Mar

Samudra Gumelar, 28 Maret 2021

Hutan Adat Tembaksela Desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas

Perjalanan hari ini kunjungan yang ketiga adalah desa Samudra kecamatan Gumelar kabupaten Banyumas. Tujuannya adalah hutan adat Tembaksela yaitu hutan adat di kawasan desa yang cukup luas kurang lebih 3ha beserta halaman lapangan yang berada satu lokasi hutan adat Tembaksela. Kondisi berbukit dengan tamanan asli yang sangat dijaga keasliannya oleh masyarakat sekitar. Setelah saya ditemani sdr. Imam Arif, sdr. Kukuh sampai dilokasi disambut sdr. Widodo yang berada di pendopo kecil yang sangat unik, asri dengan ornament kayu yang sangat menarik, kreatif membuat kami terkesan luar biasa. Memperhatikan kondisi hutan adat yang terjaga keutuhannya dengan beberapa kearifan local seperti tidak bisa mengambil apapun yang ada di kawasan hutan adat ini.

Setelah beberapa saat kami bersama sdr. Widodo hadir Kepala Desa Samudra Bapak Kristiono, S.Pd.I, pak Tasmo anggota BPD, pak Saidiyanto tomas yang menyambut dengan sangat baik dengan menyampaikan beberapa hal tentang kondisi hutan ada Tembaksela ini. Disamping menceritakan kondisi hutan adat Tembaksela juga menyampaikan ada beberapa tempat yang terjaga keasliannya dengan kearifan local yang terjaga. Hal ini membuat kami sangat tertarik untuk mendengarkan semua yang disampaikan beliau beliau.

Harapan apa yang menjadi kekayaan alam berupa hutan adat dan tempat lain yang masih terjaga keasliannya dengan kearifan local untuk dapat menjadi target pembangunan sebagai bagian kekayaan alam yang patut dilindungan seperti dengan perdes perlindungan kawasan hutan adat ini. Seperti ditempat sebelumnya jejak langkah kami menitipkan beberapa pohon untuk menambah pengayaan jenis tanaman untuk lokasi wisata (bukan hutan adat) yang diterima oleh bapak Kepala Desa Samudra Kristiono, S.Pd.I.

Terima kasih kepada kepala desa Samudra, unsur lembaga, tokoh masyarakat dan juga sdr. Widodo yang berkenan menyambut kami dan semoga menjadi amal silaturahmi serta bersama menjaga kekayaan alam berupa hutan adat Tembaksela dan yang lainnya.

SALAM LESTARI…

Oleh  KUSNO Banyumas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.