Manfaat Buah Ceplukan (Physalis angulata) Dan Daunnya Bagi Tubuh

5 Feb

Baseh, 05 Februari 2021

Manfaat Buah Ceplukan (Physalis angulata) Dan Daunnya Bagi Tubuh

Jalan pagi-pagi disekitar desaku dan dipinggir jalan ada ciplukan yang berbuah dan tentunya saya langsung foto yang kebetulan saya bawa hp. Setelah saya browsing ternyata manfaatnya luar biasa, walaupun saya sudah lama mendengar ciplukan kaya manfaat. Melalui media ini saya abadikan dengan tulisan yang bersumber dari beberapa literature dengan dokumen fotoku. Buah dan daun ciplukan yang tumbuh liar di pekarang kita ternyata banyak manfaatnya. Masih banyak yang mengabaikan, padahal kalau kita budidaya akan lebih berdayaguna. Kandungan zat antioksidannya yang mampu mencegah beberapa penyakit kronis, efek anti-inflamasinya yang dapat menjaga kesehatan jantung hingga dapat dijadikan alternatif pengobatan bagi penderita kanker payudara. Dengan perkembangan teknologi yang kita bisa cepat akses di internet, tentu menambah wawasan kita yang bermanfaat pengetahuan kesehatan yang ternyata banyak disekitar kita tanaman yang berkhasiat herbal. Berbagai manfaat daun dan buah ciplukan antara lain: www.honestdocs.id

  1. Meningkatkan imunitas tubuh, Vitamin C dalam ciplukan bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh,  juga memainkan peran penting dalam proses pembentukan kolagen, yakni suatu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen, pembuluh darah hingga membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lain secara keseluruhan.
  2. Menurunkan kadar kolesterol, buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  3. Makanan diet, Buah ciplukan termasuk makanan berkalori rendah, hanya ada sekitar 53 kalori per 100 gramnya, juga mempunyai kandungan nutrisi di dalam daun dan buah ciplukan yang  mampu membantu mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.
  4. Obat herbal kanker payudara, ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Dengan kata lain, ciplukan mampu dijadikan alternatif pengobatan penderita kanker payudara yang lebih aman, terjangkau, dan efektif.
  5. Membantu proses regenerasi dan perbaikan sel tubuh, Senyawa organik ini mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker. Apoptosis memiliki peranan penting dalam berbagai proses biologi. Dan kemampuan hebat nan istimewa ini dimiliki oleh ciplukan yang kehadirannya dahulu kerap kita abaikan.
  6. Membantu menurunkan gula darah, Daun ciplukan disinyalir memiliki kemampuan anti  hiperglikemi alias mampu menurunkan kadar gula darah. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam daun ciplukan diketahui dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat meringankan fungsi insulin dalam mengatur regulasi glukosa darah agar selalu dalam batas fisiologis.
  7. Obat herbal tuberculosis, ekstrak murni daun ciplukan dapat menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis sehingga berpeluang besar untuk dikembangkan lebih jauh sebagai obat herbal tuberculosis. 
  8. Membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal, buah ciplukan satu ini terkait erat dengan salah satu senyawa anti bakteri dalam buah ciplukan yang di duga mampu mempromosikan degradasi dan penyerapan fibrosis hati serta mampu menyingkirkan kelebihan lemak, garam dan racun dari sitem limfatik.
  9. Menjaga kesehatan mata, buah ciplukan memiliki kandungan karotenoid yang tinggi sehingga patut dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid dalam buah ciplukan dapat mengurangi stres oksidatif dalam sistem okular, mencegah timbulnya katarak juga degenerasi makula terkait usia.

Cara konsumsi daun dan buah ciplukan?

Makanlah buah ciplukan 5 hingga 10 butir setiap hari. Untuk daunnya dapat dijadikan ramuan dengan cara merebus 15-20 lembar daun ciplukan ke dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa kira-kira 1 gelas air. Saring, kemudian minumlah sehari sekali atau sesuai kebutuhan.

Efek sampingnya apa si ?

Dari beberapa literature yang saya baca dari beberapa hasil penelitian (ahli herbal) yang telah dilakukan, masih belum ditemukan adanya efek samping serius dari konsumsi ciplukan, baik dari daun, buah bahkan hingga batang dan akarnya. Dengan demikian buah ciplukan atau daunnya juga bagian batangnya aman untuk dikonsumsi.

SALAM LESTARI TANAMAN HERBAL INDONESIA…

oleh KUSNO BANYUMAS

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.