Peningkatan Kemampuan Kalitbangan Masyarakat “Diseminasi Teknologi Pembuatan Gula Kelapa Kristal” Kelompok Tani Nira Agung Sejahtera di Kabupaten Banyumas.

29 Agu

Banyumas, 29 Agustus 2016

Peningkatan Kemampuan Kalitbangan Masyarakat “Diseminasi Teknologi Pembuatan Gula Kelapa Kristal” di Kabupaten Banyumas.

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (15)

 

Kegiatan yang diselenggaran hari Senin, 29 Agustus 2016 di dusun Ketos RT.07/04 desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas yaitu Kelompok Tani Nira Agung ejahtera. Ketua Kelompok Agung Kurnianto yang masuh muda dan punya dedikasi dalam membina kelompok disamping menjalin kemitraan dengan pihak luar yg cukup bagus.

Acara yang diselenggaran oleh Balitang Propinsi Jawa Tengah dengan susunan acara :

  1. Sambutan Camat Tambak
  2. Sambutan Kepala Bappeda Kabupaten Banyumas
  3. Sambutan Kepala Balitbang Propinsi  Jawa Tengah
  4. Sambutan Anggota Komisi E DPRD Propinsi Jawa Tengah (Kukuh Birowo, SH.MH)
  5. Serah terima alat pembuatan gula kelapa Kristal.

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (3)

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (4)

Pemapran Materi :

Penguatan Kelembagaan Klaster Gula Kelapa Kristal di Banyumas (Kusno)

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (11)

Best Practice/Sharing Pengalaman Pengembangan Klaster Gula Kelapa Kristal (Sobirin)

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (12)

Teknologi Pengemasan dan Pelabelan Produk Gula Kelapa Kristal (Slamet Sukoco, S.TP)

Gula Kristal Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Kecamatan Tambak Banyumas (13)

Peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok secara berkesinambungan perlu pembinaan dan pendamping menuju kemandirian kelompok. Proses ini diperlukan beberapa penguatan kelembagaan, kemitraan, dan peningkatan mutu sumber daya manusia juga mutu produk di kelompok berupa Gula Kristal Nira Agung Sejahter. Disamping hal tersebut, factor sumber daya alam sebagai pendukung aktifitas petani seperti sumber nira berupa pohon kelapa yang cukup dan perawatan yang lebih baik seperti pemupukan, agar produksi nira sebagai bahan baku gula Kristal menjadi nilai ekonomi lebih baik dan meningkat. Ketua kelompok tani Agung Kurnianto dalam mengemban amanah anggota terus berusaha agar apa yang dilakukan bersama masyarakat menjadi salah satu upaya nyata, baik pada peningkatan sumber daya manusia mapun sumber daya alam yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup.

Pendidikan dan pelatihan seperti yang telah dilakukan menjadi hal penting sebagai bekal dalam melaksanakan visi dan misi kelompok untuk mensejahterakan anggotanya dan masyarakat sekitar. Adanya bantuan beberapa peralatan yang diperlukan oleh pengrajin Gula Kristal di Kelompok Tani Nira Agung Sejahtera ini merupakan langkah perhatian dari instansi terkait dalam upaya meningkatkan mutu produksi gula Kristal di Banyumas yang sebagai klaster gula Kristal.

Sebagai bagian dari masyarakat kami turut bangga pada para penderes di kelompok tani Nira Agung Sejahtera desa Watuagung Tambak Banyumas. Peran ibu sebagai pengrajin gula Kristal ini menjadi nilai plus karena menambah nilai jual yang berarti tingkat kesejahteraan lebih baik ketika dibuat dengan gula cetak. Semoga melalui kegiatan ini saya pribadi berharap kreatifitas ini menjadi salah satu contoh berbagi peran dalam kelompok sangat baik.

Semoga Kelompok Tani Nira Agung Sejahtera semakin sejahtera dan menjadi contoh baik bagi masyarakat sekitar atau kelompok pengrajin gula Kristal.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: