Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung di Banyumas

12 Agu

Banyumas, 11 Agustus 2016

Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung yang diikuti oleh  Gapoktan, Kelompok Tani Hkm, Kelompok Tani Hutan, Kelompok Wanita Tani, BP4K, Dinas Kehutanan,KPH, IPKINDO, dan PKSM.

Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung (18)

Kami mengucapkan terima kasih kepada peserta studi banding karena Kelompok Tani GIRI MULYO Desa Tanggeran Somagede Banyumas mendapat kepercayaan menjadi salah satu tujuan kegiatan ini. Keterbatasan kami akan menjadi pembelajaran penting bagi kita semua. Berbagi pengalaman pada pengelolaan kegiatan kelompok tani yang masih banyak harus ditingkatkan dari beberapa faktor yang selama ini menjadi kelemahan kelompok tani.

Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung (1)

Sebagai PKSM saya tidak bisa memberikan apa yang diharapkan, namun hanya sebatas kemampuan yang kami miliki kepada saudara dari peserta Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung, tetapi kami berharap agar semua yang ada dapat menambah wawasan penting yang akan menghiasi kegiatan selanjutnya di Kabupaten Tanggamus Lampung.

Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus Lampung (10)

Perbedaan iklim, tanah, dan karakter masyarakat bukan menjadi kendala dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dan mutu sumber daya alam.

Durian (duren)  yang menjadi andalan kelompok tani Giri Mulyo desa Tanggeran Somagede Banyumas ini telah mampu membudidaya jenis durian dengan model batang bawah lebih dari satu batang.

Kami sangat percaya peserta yang mendapat kepercayaan dari pemerintah daerah kabupaten Tanggamus Lampung tidak salah dan inshaa Allah akan menjadi bagian dari sumber ilmu pengetahuan yang kelak akan menjadi bagian peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Tanggamus Lampung.

Jalinan silaturahmi yang telah dilakukan bersama kelompok kemasyarakat yang dikunjungi menjadi nilai silaturahmi, nilai persatuan dan kesatuan bangsa, khasanah ilmu pengetahuan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa jam bersama saudara kami sangat bersyukur apa yang telah dilakukan berbagi dalam pengalaman bersama masyarakat, dan sangat sebentar apabila pertemuan tidak bermakna. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang akan mengabulkan niat dan tujuan baik saudaraku dari Tanggamus Lampung dan kami yang ada di kabupaten Banyumas khsususnya kelompok tani Giri Mulyo. Kepada saudaraku :

  1. Eko Oesmanto koordinator penyuluh kehutanan Tanggamus
  2. Fajar Sunantri koordinator program konsorsium Kotaagung Utara
  3. Zaini koordinator LP2UKS koordinator LP2UKS

Cukup banyak makna pertemuan ini dan kelak akan menjadi sebuah hikmah kebaikan untuk semuanya. Dan untuk saudaraku yang lain yang tidak bisa kami sebut satu-satu…. Semoga akan mendapat rizki kesempatan berjumpa dan bersama dalam kebaikan. Aamiin.

Beberapa yang telah diberi kesempatan bersama, karena selama ini hanya mengenal lewat dunia maya dalam pertemanan turut serta bersama terlibat bersama masyarakat mengupayakan agar masyarakat dapat menikmati kesejahteraan.

Ketua kelompok tani Giri Mulyo desa Tanggeran kecamatan Somagede kabupaten Banyumas Sdr.Giwan beserta masyarakat dan tak lupa Kepala Desa Tanggeran, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Kenang-kenangan dari peserta Studi Banding Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Inisiatif Pengelola Hkm Kabupaten Tanggamus LampungBersama  Sdr.Giwan (Ketua Kelompok Tani Giri Mulyo)

Saya secara pribadi sebagai PKSM hanya bisa menghantarkan ke lokasi dan sedikit memberikan apa yang saya paham dan mohon maaf setulus-tulusnya apabila sikap dan tutur kata kurang berkenan.

( tulisan ini sebagai dokumen dan bimbingan hati semoga ada nilai kebaikan )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: