Petani Karet Desa Banjarpanepen Sumpiuh Banyumas

3 Jun

Banjarpanepen, 02 Juni 2016

balai desa Banjarpanepen kecamatan Sumpiuh Banyumas

Petani Karet Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Banyumas (1)

Petani karet merupakan salah satu sumber daya bagi perekonomian dari komoditas perkebunan yang harus berkesinambungan dilakukan pendampingan agar mencapai kesejahteraan. Karet yang merupakan bagian dari salah satu aset penting dalam kemajuan tekonologi, sekalipun telah muncul adanya sintetis. Pohon karet disamping menghasilan getah karet juga menjadi tutupan lahan sebagai penghijauan lahan yang juga dapat dimanfaat kayunya.

Kondisi harga getah karet saat ini mempengaruhi gairah petani untuk menyadap karet tersebut, karena keseimbangan harga, ongkos kerja, ongkos perawatan dan kebutuhan hidup. Perlunya koordinasi pihak terkait agar harga komoditi karet ini mencapai harapan petani.  Pada kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah bersama Dispertanbunhut Kabupaten Banyumas dengan materi Peningkatan Kampuan Manajemen Kelembagaan dan Kemitraan Tahun 2016.

Petani Karet Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Banyumas (2)

Sebagai alternatif agar petani melakukan pemanfaatan lahan bawah tegakan dengan jenis tanaman yang sesuai sebagai tambahan pendapatan. Langkah ini secara mandiri dan hasil dari kreativitas petani dalam menyikapi gejolak harga karet, tetapi pohon karet dipertahankan. Kemampuan petani dalam mencari terobosan melalui panganekaragaman tanaman disekitar tanaman karet ini dapat diartikan penyelamatan lingkungan yang berdampak pada perekonomian.

Semoga petani karet ini akan mencapai taraf hidup sejahtera dan lingkungan lahan mereka tetap hijau lestari. ( terima kasih semoga ada hikmahnya )

Satu Tanggapan to “Petani Karet Desa Banjarpanepen Sumpiuh Banyumas”

  1. SALAM PKSM INDONSIA, PKSM PERBATASAN, KAB BENGKAYANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: