Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma’arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas

29 Apr

Purwokerto, 29 Apri 2016

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma’arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (19)

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (21)

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (26)

Upaya jelas yang dilakukan oleh Pramuka Saka Wana Bakti Kwartir Cabang Banyumas pada hari ini Jum’at, 29 April 2016 tepatnya di MI Ma’arif NU 02 Desa Panusupan Kecamatan Cilongkok Kabupaten Banyumas.

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (1)

Konsep pembinaan dan aksi nyata penanaman di halaman sekolah serta mendidik siswa untuk gemar menanam dengan memberikan contoh cara menanam yang baik serta siswa diberi bibit pohon supaya ditanam di pekarangan masing-masing.

Adapun bibit tanaman yang di tanam di halaman sekolah adalah Pucuk Merah sebanyak 10 batang. Untuk siswa bibit manggis, kemiri, dan albasia

Ucapan terima kasih dari pihak sekolah yang disampaikan oleh Bapak Kaswo atas partisipasi Pramuka Saka Wana Bakti dalam kegiatan ini dan harapan semoga apa yang telah dilakukan menjadi nilai kebaikan buat alam dan pribadi generasi muda khususnya Pramuka Saka Wana Bakti.

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (8)

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (9) Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (10)

Setelah dilakukan kegiatan serah terima kepada pihak sekolah dan penanaman dilanjutkan pembinaan cinta lingkungan di ruangan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa untuk mencintai alam berupa :

  1. Kesadaran kebersihan lingkungan dengan bersih dari sampah serta memilah sampah.
  2. Menumbuhkan peduli terhadap perilaku betapa pentingnya alam ini tempat kita hidup.
  3. Gemar menanam dan merawat tanaman untuk kelestarian alam.

Melalui sedikit pemahaman pentingnya alam dan kita berkewajiban menjaga diharapkan kelak akan tumbuh generasi yang jauh lebih baik dengan kondisi alam asri. Hal ini kami sampikan karena nilai tanggung jawab kepada semua dengan sedikit waktu dan kemampuan kami. Sebagai Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kader Konservasi Alam (KKA) dan Pemerhati/Relawan Lingkungan BLH Kabupaten Banyumas, yang hanya belajar tiap saat bersama pramuka dan masyarakat. Semoga ada sedikit manfaatnya dan mohon maaf apabila kurang tepat apa yang disampaikan atau dalam melakukan kegiatan ini.

Giat Bakti Saka Wanabakti Kwartir Cabang Banyumas Dan Penanaman Dalam Rangka Hari Bumi di MI Ma'arif NU 02 Panusupan Cilongok Banyumas (22)

Kegiatan yang dilakukan ini sesuai dengan Krida Bina Wana, mempunyai 7 (tujuh) SKK :

  1. SKK Konservasi Tanah dan Air
  2. SKK Perbenihan
  3. SKK Pembibitan
  4. SKK Penanaman dan Pemeliharaan
  5. SKK Perlebahan
  6. SKK BudidayaJamur
  7. SKK PersuteraanAlam.

Semoga kegiatan ini sebagai salah satu jalan semangat generasi muda dan diharapkan secara berkesinambungan dan bersama terus aksi nyata bersama masyarakat yang akhirnya pramuka bagian dari tidak terpisahkan dengan masyarakat serta langsung dirasakan manfaatnya. Disamping hal itu juga pramuka akan mendapatkan hikmah dan pengalaman nyata terjun langsung di lingkungan.

Semoga hari ini bukan terakhir tetapi terus tumbuh sesuai dengan pertumbuhan daya pikir semakin dewasa dan menjadikan kedewasaan generasi muda yang bijak dan santun serta bermanfaat bagi nusa dan bangsa tercinta, Bangsa Indonesia.

TERIMA KASIH kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini dan harapan menjadikan bagian dari cinta tanah air. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: