Pramuka Saka Wana Bakti Aksi Nyata 14 Februari 2016

14 Feb

Baseh, 14 Februari 2016

Pramuka Saka Wana Bhakti Kwartir Cabang XI 02 Banyumas Praktek Persemaian Tanaman - 14 Februari 2016 (8)
Pramuka Saka Wana Bakti Berlajar Membuat Persemaian Tanaman

Salah satu dari Krida Saka Wana Bakti adalah Krida Bina Wana yang terdiri dari 7 (tujuh) poin yang menjadi pencapaian program yaitu :
1. SKK Konservasi Tanah dan Air
2. SKK Perbenihan
3. SKK Pembibitan
4. SKK Penanaman dan Pemeliharaan
5. SKK Perlebahan
6. SKK Budidaya Jamur
7. SKK Persuteraan Alam.

Sebelum kegiatan berupa praktek membuat media tanam juga penyemaian dilakukan pemberian sedikit pemahaman manfaat dan keterlibatan langsung generasi muda dalam upaya pelestarian alam.

Pramuka Saka Wana Bhakti Kwartir Cabang XI 02 Banyumas Praktek Persemaian Tanaman - 14 Februari 2016 (1)

Kegiatan aksi nyata dengan praktek lapangan langsung akan lebih mudah diingat dan banyak dipahami proses pembuatan persemaian sekalipun masih banyak yang perlu dicoba dengan segala kendala atau permasalahan yang dihadapi dalam produksi bibit tanaman kehutanan yang memenuhi standar yang ditetapkan.
Salah satu yang disampaikan dalam pra kegiatan praktek adalah betapa pentingnya sumber benih tanaman yang bermutu atau ada pohon indukan atau asal usul sumber benih itu sendiri.
Untuk perkenalan anggota Saka Wana Bakti ini dengan proses membuat media tanam dengan memasukan tanah yang subur cukup unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Pramuka Saka Wana Bhakti Kwartir Cabang XI 02 Banyumas Praktek Persemaian Tanaman - 14 Februari 2016 (10)

Melalui kegiatan lapangan ini diharapkan akan menumbuhkan semangat dan mulai memahami proses persemaian tanaman serta mau menumbuhkembangan semangat rimbawan, cinta lingkungan di Saka Wana Bakti ini. Menumbuhkan rasa cinta dan tanggungjawab terhadap hutan dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung didalamnya, serta kesadaran untuk memelihara dan melestarikannya. Dengan kegiatan hari ini ada tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kehutanan yang dapat mengembangkan pribadinya. Kegiatan Saka Wanabakti secara positif, berdaya guna dan tepat guna, sesuai dengan bakat dan minatnya, serta menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang serta anggota lainnya.

Terima Kasih Kepada Adik-Adik Pramuka Saka Wana Bakti yang telah berkenan berkunjung silaturahmi ke tempat kami dan dengan niat baiknya belajar bersama. Kami bersyukur upaya yang telah dilakukan yang diharapkan akan menambah wawasan pengetahuan yang kelak akan bermanfaat buat kita semua. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: