Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI Purwokerto di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas

24 Des

Banyumas, 23 Desember 2015

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas
INDONESA BERSIH, merupakan kegiatan Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI (Generasi Baru Indonesia) Purwokerto bersama Kelompok Tani Gunung Slamet Hijau di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.
Sebuah kegiatan yang dilakukan GenBI Purwokerto bersama masyarakat di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng ini khususnya Kelompok Gunung Slamet Hijau. Jalinan kerja sama yang sangat baik, dimana sebelum aksi ini dilakukan telah ada perencanaan bersama. Pembuatan jamban keluarga mendapatkan prioritas yang dikonsentrasikan di Gerumbul Buaran desa Baseh ini dengan jumlah 12 unit, namun karena keterlibatan masyarakat dalam keswadayaan maka jamban keluarga dapat dikembangkan menjadi 15 unit pada 15 rumah penduduk yang sangat memerlukan disamping ada factor lain dalam menentukan calon penerima jamban keluarga. Upaya pembuatan jaman keluarga ini didasari kondisi yang sangat memerlukannya, daerah ini termasuk daerah yang langsung berbatasan dengan hutan dan sumber air bersih yang mengalir ke daerah dibawahnya. Apabila keadaan ini tidak dilakukan akan berdampak pada pencemaran air yang mengalir, karena beberapa masyarakat masih menggunakan sungai/kali untuk buang air besar.

Peletakan batu pertama oleh Ka Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto

Kedua adalah dengan penanaman pohon manggis, pala, cengkeh di lahan masyarakat sejumlah tiga ribu batang. Diharapkan akan berbuah dan akan menambah pendapatan ekonomi masyarakat kelak. Disamping itu juga sebagai upaya untuk memberikan konsevasi lahan berkelanjutan karena pohon buah diharapkan tidak ditebang hanya diambil buahnya saja.

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (9)

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (10)

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (11)

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (32)

Sebagai kader konservasi yang sekaligus sebagai ketua kelompok terus berupaya bersama masyarakat untuk sedikit berbuat sebagai bagian dari pembelajaran bersama agar kelak ada manfaatnya buat alam dan masyarakat secara luas. Upaya ini juga sebagai dari jejaring kemitraan dengan GenBI Purwokerto yang baru pertama dilakukan bersama mereka. Perlu diketahui GenBI merupakan mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Gunung Slamet Hijau dan GenBI PurwokertoSolidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (29)

Disamping yang hadir para mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, hadir juga komunitas yang selama ini bersama melakukan aksi nyata diantaranya adalah : Banjoemas Komoenitas, Wong Apa, Kader Konservasi Gunung Slamet Hijau, Pemerintahan Desa Baseh, LMDH Wana Lestari desa Baseh, Pramuka dan kempudaan serta hadir dari temen pecinta alam dari Pekalongan. Hal ini merupakan dukungan yang luar biasa pada acara ini. Dan saya merasa bangga dan berbahagia atas dukungannya sehingga menjadikan kegiatan ini berjalan lancar, tertib dan terkoordinir dengan baik sekalipun banyak unsure yang mengikuti.

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli GenBI bersama Gunung Slamet Hijau Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Banyumas (33)

Solidaritas Sosial Berbagi Peduli bersama Banjoemas Komounita-Gunung Slamet Hijau Desa Baseh dan Wong APA (11c)

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan dukungan dari GenBI Purwokerto yang dihadiri Bapak Ramdan Deni Prakoso Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto bersama Bapak Djoko Juniwarto sebagai pembina GenBI Purwokerto. Kehadiran beliau merupakan kebahagiaan kami sehingga mendapatkan wawasan tetang peran Bank Indonesia. Disamping itu juga bapak Ramdan Deni Prakoso juga mengharapkan adanya kegiatan ini berkesinambungan untuk masa yang akan datang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: