Peduli Sempadan Sungai Logawa “Wong Apa dan LMDH Wana Lestari”

1 Des

Baseh, 29 Nopember 2015

Peduli Sempadan Sungai Logawa

aliran sungai logawa basehsungai Logawa yang terus mengalir sepanjang musim

peduli sempadan sungai logawa-kordinasi sebelum penanamankoordinasi sebelum pelaksanaan penanaman di sempadan sungai

peduli sempadan logawa

peduli sempadan logawa (1)

Keberhasilan pembangunan sumber daya alam diawali dari sebuah aksi kecil yang tentunya tidak ada manfaatnya untuk saat ini. Nilai selangkah dalam menelusuri sempadan sungai untuk berbuat dalam upaya sedikit mencatat dalam hati oleh anak manusia. Tak berarti…bahkan hampir tak ada harapan ketika tiap langkah setapak dimuka bumi ini tidak kita ambil hikmah yang bermakna. Semua kembali kepada bukti keterlibatan tanggung jawab sebagai penghuni bumi ini, yang berkewajiban untuk terus berbaik karena selama ini bumi selalu memberu terbaik buat kita. Namun apakah kita sadar atau mengabaikan…kebaikan bumi selama ini.

peduli sempadan logawa (2)

Sempadan sungai belum banyak yang memahami maknanya, apalagi bagi masyarakat desa yang masih jauh dari pemahaman atau aturan. Namun kita berharap banyak masyarakat cukup mengerti kearifan local yang membuat dan membimbingnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kami sebagai bagian dari masyarakat yang tergabung komunitas WONG APA Banyumas yang sedang belajar peduli dengan sempadan sungai khususnya di sungai Logawa bagian atas tepatnya di desa Baseh bersama LMDH Wana Lestari desa Baseh. Dari perjalanan kami yang akhirnya sampai dan dapat menempatkan sedikitnya masing-masing menanam satu batang pohon yang kelak akan termasuk bagian dari keanekaragaman pohon disepanjang sempadan sungai Logawa. Bibit tanaman pucung/kluwek, trembesi dan matoa yang kami tanam bersama masyarakat telah memberikan bimbingan hati kami. Semoga dengan alam yang terus menghadapi tantangan pembangunan karena kebutuhan manusia, akan dapat meminimalisir kerusakan dan menambah pasokan oksigen dan air untuk kebutuhan kita.

CINTAILAH SEMPADAN SUNGAI LOGAWA….

sungai logawa

Dokumen ini sebagai Bimbingan hati dalam belajar bersahabat dengan alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: