Motivasi Pramuka Cinta Lingkungan SDN Karanglewas Kidul Purwokerto

30 Nov

Karanglewas Kidul, 27 Nopember 2015

Motivasi Pramuka Cinta Lingkungan SDN Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kab.Banyumas

pramuka gudep 03.0089-03.0090 SDN Karanglewas Kidul Purwokertopramuka gudep 03.0089-03.0090 SDN Karanglewas Kidul Purwokerto (5)Sebelum dilakukan aksi penanaman pohon dilingkungan sekolah siswa diberikan wawasan cinta lingkungan, tolong menolong dan beberapa motivasi yang disesuaikan dengan golongan usia di malam hari tepatnya hari Jum’at, 27 Nopember 2015.

Pramuka SD Negeri Karanglewas Kidul Purwokerto (2)

Pendidikan pramuka dimulai sejak usia 7 tahun hingga dewasa, pada jenjang sekolah dasar pramuka siaga dengan usia 7-11 tahun, yang kemudian dilanjutkan ke jenjang usia 12-15 sebagai pramuka penggalang. Dengan demikian sekolah dasar mengenal dua jenjang pendidikan golongan dalam pramuka yaitu siaga dan penggalang. Pramuka dalam menerapkan pendidikan disesuaikan dengan umur, psikologi, fisik dan kemampuan tiap individu.

SDN Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas dalam menerapkan pendidikan kepramukaan juga sesuai dengan apa yang diterapkan. Dalam menerapkan peserta didik untuk lebih meningkatkan nilai-nilai dalam kepramukaan telah diadakan kegiatan persami dan terapan cinta lingkungan dengan mengenal lingkungan sekolah dengan menanam tunas kelapa dan beberapa jenis tanaman seperti salam dan nagasari. Pengenalan tunas kelapa diharapkan pramuka tidak hanya mengenal lambang pramuka tunas kelapa, namun diberikan jenis, bentuk dan langsung menanam dilokasi pekarangan sekolah.

Kepala Sekolah SDN Karanglewas Kidul Ibu H.Titi Erowati, S.Pd.SD menyampaikan adanya kegiatan seperti ini yang kelak peserta didiknya akan menjadi generasi penerus yang mampu menghadapi tantangan jaman melalui pendidikan kepramukaan. Anak cinta alam dan tanah air, saling tolong menolong, patuh dan taat kepada orangtua, jiwa patriot dan kebersamaan. Adanya motivasi yang diberikan sebagai bagian yang cukup memberikan arti bagi anak-anak untuk menumbuhkan tolong menolong dan cinta tanah air.

Penyerahan bibit tanaman diserahkan oleh Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka yang kemudian dilakukan penanaman di pekarangan sekolah pada hari Sabtu, 28 Nopember 2015.

pramuka SDN Karanglewas Kidul Purwokerto Cinta Lingkungan (1)

Dokumen ini sebagai bagian dari kegiatan bersama masyarakat bidang pendidikan lingkungan dengan pramuka siaga. Kepada semua pihak yang menjadikan suksesnya kegiatan ini terutama pihak SDN Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas terutama Ibu Kepala Sekolah beserta dewan guru dan pembina pramuka, serta teman semua yang tidak bisa kami sebut satu per satu semoga menjadikan nilai kebaikan buat kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: