Masyarakat Peduli Api (MPA)

12 Okt

Banyumas,    2015

KAMI BELAJAR MENCINTAI ALAM INI….(Bimbing Kami..!!!)

Masyarakat Peduli Api desa Baseh (9)Ketua LMDH Wana Lestari Desa Baseh (Agus S)

Masyarakat Peduli Api desa Baseh (5)Ketua LMDH Madyo Laras desa Kalisalak (Listio Harsono)

Upaya menumbuhkan cinta lingkungan dan hutan kepada masyarakat desa hutan menjadi bagian kekgiatan yang kami lakukan sudah cukup lama. Pembentukan forum kecil yang terdiri dari 3 LMDH yang tergabung dengan nama WIKABA (WIndujaya-KAlisalak-BAseh) sedikit banyak telah melakukan beberapa pencegahan yang bertujuan untuk hutan lestari rakyat turut menikmati dari alam ini seperti air, oksigen bersih, pemanfaatan lahan dibawah tegakan, juga sebagai penyadap damar).

Kepedulian dalam upaya turut serta pencegahan kebakaran bukan hanya tugas negara, namun masyarakat secara aktif diharapkan mau dan mampu mencegah kebakaran hutan. Kesadaran untuk turut menjaga hutan jangan sampai melakukan hal-hal kegiatan yang akan memicu adanya kebakaran hutan, apalagi disaat musim kemarau.

Pada tahun 2015 ini adanya kebakaran hutan yang terjadi di lereng Selatan Gunung Slamet (igir kluncur. maaf kalau salah sebut) diatas Baturraden dengan sigap temen-temen tim MPA Baseh dan Kalisalak melakukan identifikasi lokasi yaitu Agus S (Ketua LMDH Wana Lestari desa Baseh dan Dartim), Listio Harsono (Ketua LMDH Madyo Laras desa Kalisalak dan Yatno). Perjalanan menempuh waktu 7 (tujuh) jam tanpa bekal cukup bahkan nasi sebungkus kepunyaan Agus S. yang sedianya buat bekal kerja dimakan bertiga. Dartim yang bertugas di proyek pembangunan dengan nekad meninggalkan pekerjaannya, bahkan sempat supaya jangan pergi oleh salah staf proyek tetapi alasannya tidak bisa tetap harus mencari lokasi kebakaran tersebut.

Sampai dilokasi jam 15.oo WIB dan setelah diketahui lokasi dan sempat mengambil gambar seperti dibawah ini (anehnya hp yang sedianya batre sudah drop tidak bisa untuk telepon namun bisa untuk ambil beberapa gambar). dan beberapa tempat sempat melakukan tindakan pemadaman untuk meminimalisir luas kebakaran.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kurang lebih 1 jam di lokasi, langsung kembali pulang untuk melaporkan kondisi dan posisi lokasi kebakaran ke posko yang ada di gerumbul Kalipagu desa Ketenger Baturraden. Sampai dirumah jam 19.00 WIB dengan kecepatan lari takut kehilangan jejak jalan karena gelap tidak membawa peralatan.

Terima kasih saudaraku…dan MPA Baseh dan Kalisalak dalam hal ini merupakan forum WIKABA yang kami bentuk 25 Mei 2008 menjadi bagian dari aksi nyata untuk alam ini terutama di lereng Selatan Gunung Slamet. Dengan harapan kepada semua pihak untuk lebih meningkatkan kesadaran dan perhatian karena kebakaran hutan ini merupakan kerugian sangat besar bagi kita semua.

Sumber : Dartim (pengurus LMDH Wana Lestari desa Baseh dan Agus S, Ketua LMDH Wana Lestari desa Baseh)

Foto : HP milik Dartim (MMP Polhut)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: