Sosialisasi Peraturan Menteri PU PR No.28 Tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji dan Sungai Banjaran Purwokerto

8 Okt

Purwokerto, 08-09 Oktober 2015

Sosialisasi Permen PUPR No 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Banjaran Purwokerto

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto di Aula Kantor SDA-BM Kabupaten Banyumas

Sungai sebagai bagian kehidupan kita yang tentunya harus kita jaga sesuai dengan fungsinya, bukan menjadi tempat akhir pembuangan sampah, tempat buang air besar, atau fungsi lain yang akan berdampak pada pencemaran air juga makin sempit sehingga akan berakibat luapan air bila musim hujan atau kering apabila musim kemarau.  Sebagai masyarakat secara menyeluruh berkewajiban untuk turut serta untuk menjaga, merawat sungai/kali agar bebas dari sampah, air mengalir, air bersih dan biaota air sungai terjaga kelestariannya. Sungai Sehat diantaranya Memiliki sempadan, ada bebatuan di badan sungai, ada keterikatan antara hulu dan hilir, terdapat ikan burung dan binatang lain sebagai rantai eksosistem, bebas dari limbah, ada keterikatan zona air dan zona darat, juga sebagai fungsi lain seperti sosial, wisata, dll.

Pada kegiatan Sosialisasi Permen No.28 Tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto yang diselenggarakan pada hari Kamis, 08 Oktober 2015 di aula kantor SDA-BM Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu – Opak ini dihadiri oleh masyarakat sekitar sungai Kranji dan beberapa SKPD terkait. Pada acara ini yang dibuka oleh Kepala Dinas SDA-BM Kabupaten Banyumas yang dalam sambutannya, pengelolaan sumber daya air menjadi prioritas pembangunan sungai dan air baku yang merupakan kewenangan pemerintah pusat. Keterlibatan pihak swasta juga sangat penting bahkan peran serta masyarakat khususnya yang bertempat langsung di sekitar sungai. Maka diperlukan adanya forum komunitas sungai pada setiap sungai/kali.

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (3)

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (2)

Pada kesempatan ini diisi oleh dua narasumber yang berasal dari komunitas sungai / kali Code Yogyakarta dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak.

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (7)

gerakan komunitas kali code jogjakartapaparan Belajar Pengelolaan Kali Code Jogyakarta

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (9)Sempadan sungai yang sangat penting dan telah diatur pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang sebagai pedoman pada penetapan garis sempadan sungai dan garis sempadan danau.

PERMEN PU PR No 28 Tahun 2015paparan sempadan Sungai no.28-2015

Yang selanjutnya dibentuk Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto yang dipandu oleh Sdr.Agus dan adapun secara musyawarah mufakat terbentuk susunan pengurus sbb :

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (12)

Sosialisasi Permen 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Kranji Purwokerto (10)

Susunan Pengurus

FORUM KOMUNITAS SUNGAI KRANJI

Dengan terbentuknya Forum Komunitas Sungai Kranji ini, diharapkan kondisi sungai Kranji akan sesuai dengan fungsi dengan kondisi yang lebih baik. Sungai Kranji yang mengalir ditengah kota Purwokerto akan menjadi salah satu sungai yang mempunyai daya tarik sendiri. Kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai agar tidak menjadi tempat pembuangan akhir sampah, bukan menjadi tempat buar air besar dan lain-lain yang bukan fungsi sungai yag sebenarnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pelaksanaan Pembentukan Forum Sungai Banjaran dilaksanakan pada tgl, 09 Oktober 2015

Sosialisasi Permen PUPR No 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Banjaran Purwokerto (8)

Sosialisasi Permen PUPR No 28 tahun 2015 dan Pembentukan Forum Komunitas Sungai Banjaran Purwokerto (1)

FORUM KOMUNITAS SUNGAI BANJARAN

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber : dari kegiatan Sosialisasi Permen 28 Tahun 2015 dan pembentukan forum komunitas sungai Kranji

Catatan : Sebagai dokumen kegiatan kami dan pembaca (apabila banyak kekurangannya mohon maaf)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: