5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Replant)

9 Sep

Banyumas, 09 September 2015

5R (Reduce,Reuse,Recycle,Replace,Replant)

5-R

TANGAN

1
Sampah merupakan hasil dari aktifitas manusia yang secara terus menerus dan bertambah tiap saat. Kalau kita tidak menyadari dan tidak ada tindakan untuk mengendalikan dan mengolahnya agar tidak mencemari alam supaya berdaya guna tentunya akan berdampak kerusakan alam. Dengan rusaknya ala mini pasti akan menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri berupa penyakit dan bentuk akibat lain sampai dengan bencana.

Tidak hanya peran serta pemerintah/lembaga tentunya dari diri kita sendiri yang harus bertanggung jawab sebagai suatu kebutuhan menangani dampak dari sampah itu sendiri. Melalui berbagai cara dan teknologi tentunya akan kita lakukan bersama demi kelangsungan lestarinya alam sebagai warisan anak cucu kita. Apabila kita ada pembiaran secara terus menerus berarti kita akan memberikan kehidupan pada generasi kita alam yang rusak. Harus kita sadar dan melakukan aksi nyata berupa pengendalian produksi sampah dengan beberapa cara yang bias kita lakukan.

1. REDUCE ( pengurangan )
Mengurangi pemakaian suatu barang atau pola perilaku manusia yang dapat mengurangi produksi sampah, serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak bisa didaur ulang, dll.

Mengurangi penggunaan kantong plastik pada setiap belanja barang.

tas kresekSebaiknya membawa tas dari rumah yang dapat digunakan setiap kali belanja atau botol minum yang dapat diisi air dari rumah.

Tas-Lipat-Mini-3

tas belanjar ke pasar

tempat minum

botol_minuman

2. REUSE ( penggunaan kembali )
Kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Contohnya adalah menggunakan kembali botol bekas yang masih layak untuk menanam tanaman, dll.

sayuran tempat botol bekas

kami buat sistem infus buat tanaman dengan cara botol dilubangi satu jarum 8-10cm dari permukaan bagian bawah botol.

3. RECYCLE ( mendaur ulang )
Kegiatan mengolah kembali (mendaur ulang). Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan, dll.

kerajinan limbah bungkus makan (1)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

4. REPLACE ( penggantian )
Kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya adalah mengubah penggunaan kertas tisu dengan menggunakan sapu tangan, dll.

sapu tangan ku

5. REPLANT ( penanaman kembali )
Kegiatan penanaman kembali, sering juga disebut reboisasi. Contohnya adalah melakukan kegiatan reboisasi hutan mangrove untuk mengurangi global warming.

Pramuka SDN 1 Baseh

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Penyadaran untuk penanganan sampah ini dilakukan sejak dini agar pembentukan karakter cinta lingkungan akan tumbuh melekat pada benak generasi kita kedepan. Untuk saat ini secara berkesinambungan terus dilakukan sosialisasi dan aksi nyata pada semua pihak agar dapat dicontoh oleh generasi kita.

Tempat sampah yang tersedia pada tempat-tempat umum yang sekaligus ada papan informasi pemilahan sampah. Gerakan dari rumah tangga agar mampu dan mau untuk memilah sampah guna meminimalisir dampak pencemaran sampah di masyarakat. Lembaga kemasyarakatan seperti PKK, kelompok pemuda, sekolah dari PAUD hingga Perguruan Tinggi juga instansi/lembaga agar secara nyata digalakan adanya 5R yang lebih baik. 5R ini terus dibudayakan dan menjadi membudaya bagi semua lapisan masyarakat.

fungsi peran rakyat

tolong selamatkan bumi

Sumber : dari berbagai sumber dan data foto sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: