Kelompok Tani KARYA TANI Desa Pengadegan Kec Wangon

5 Sep

Pengadegan,  Agustus 2015

materi Kelompok Tani KARYA TANI Pengadegan Wangon

Penyuluhan Kelp Tani KARYA TANI desa Pengadegan Kec Wangon

Kelompok tani menjadi sangat penting sebagai garda paling langsung berhadapan dengan petani dalam upaya penyampaian informasi, pembinaan, penyuluhan, penyaluran, atau peningkatan mutu hasil pertanian. Hal ini harus terus dilakukan komunikasi antara pihak pemerintah, lembaga, atau instansi dengan yang namanya kelompok tani. Seperti halnya Kelompok Tani Karya Tani desa Pengadegan kecamatan Wangon kabupaten Banyumas, yang diketuai oleh bapak Rakisun ini cukup aktif pada pemberian informasi dan pembinaan.

Pada kesempatan ini dari Dinas Perkebunan Propinsi bersama Dispertanbunhut Kabupaten Banyumas memberikan pelatihan selama dua hari. Pada pelatihan ini berisi materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber dan juga prakatek hasil pertanian berupa tembakau. Di desa Pengadegan ini juga terdapat beberapa petani tembakau yang telah lama sekalipun tidak luas seperti di daerah produsen tembakau.

Pertemuan Kelompok Tani KARYA TANI desa Pengadegan Kec Wangon

Melalui pembinaan dan pelatihan ini diharapkan komunikasi interaktif antara petani dan petani, petani dan pemerintah, dan narasumber menjadi lebih dekat dan diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan lebih sebagai bekal dalam bercocok tanam terutama pada budidaya tanaman tembakau dan paska panen.

Pada kesempatan ini saya sebagai penyuluh swadaya mendapat kepercayaan untuk memberikan materi Dinamika Kelompok dan Kelembagaan. Hal yang perlu ditingkatkan adalah rasa memiliki kelompok sebagai bagian dari kebutuhan berkomunikasi, kelompok sebagai tempat belajar, kerjasama dan unit produksi agar dapat memberikan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota.

Penyuluhan Kelompok Tani KARYA TANI desa Pengadegan Kec Wangon

Rakisun Ketua Kelompok Tani KARYA TANI desa Pengadegan Kec WangonRakisun ( Ketua Kelompok Tani KARYA TANI )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: