Kelompok Tani MANGGAR BUANA Desa Tanggeran Kecamatan Somagede Banyumas

28 Mei

Tanggeran-Somagede, 28 Mei 2015

maskusno di kelompok tani Manggar Buana Tanggeran Somagede (2)

motivasi dan dinamika kelompok Manggar Buana desa Tanggeran Somagede

Desa Tanggeran Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas mempunyai luas sekitar 5804,1 km2 atau setara dengan 580,410 ha, dengan keadaan wilayah berbukit antara 300-500 m diatas permukaan laut. Curah hujan rata-rata 200 – 300 mm.

Batas-batas Desa Tanggeran adalah:

  • Utara berbatasan dengan desa Danaraja, desa Sokawera
  • Selatan berbatasan dengan desa Karangsalam
  • Barat berbatasan dengan desa Karangrau, desa Kejawar
  • Timur berbatasan dengan desa Klinting dan desa Karangsalam

sambutan kepala desa Tanggeran Somagede di kelompok tani Manggar Buana Tanggeran SomagedeKepala Desa Tanggeran Kecamatan Somagede

Dinas Perkenunan Prop Jateng di kelompok tani Manggar Buana Tanggeran SomagedeSambutan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah

pembinaan dispertabunhut bms di kelompok tani Manggar Buana Tanggeran Somagede (1)Sambutan Dispertanbunhut Kab.Banyumas

Kondisi desa yang cukup tinggi tapi kesuburan tanah dengan tanaman cengkeh, kelapa, pala, durian dan tanaman kehutanan yang ada. Penduduk yang cukup banyak sebagai penyadap nira kelapa kurang lebih 500 orang. Hal ini menjadi salah satu penyumbang ekonomi bagi warga desa Tanggeran ini.

Pada hari ini Kamis, 28 Mei 2015 selama dua hari mendapatkan pembinaan dari Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini hadir Dinas Perkebunan Propinsi, Dispertabunhut Kabupaten Banyumaa, Pemerintah Desa Tanggeran. Bapak Kepala Desa Tanggeran mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pemerintah yang hari ini melakukan pembinaan pada kelompok tani Manggar Buana yang bergerak bidang budidaya tanaman kelapa yang disadap untuk gula kelapa. Semoga menjadikan wawasan petani makin bertambah dan menjadi pengetahuan untuk peningkatan ekonomi.

giwan desa tanggeran somagede

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Perlunya motivasi petani untuk makin meningkat peran sertanya dan mendapatkan nilai lebih dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan desanya. Pada dinamika kelompok dan motivasi yang disampaikan oleh saya diharapkan ada manfaatnya. Ketrampilan untuk membuat pupuk organic dan penerapannya dalam tanaman.

Kegiatan ini diharapkan juga penguatan kelompok dalam pemberdayaan kelompok meningkat dan tentunya peran pemerintah desa sangat diharapkan tiap saat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: