IMPAKSI Kedokteran Gigi UNSOED Purwokerto Aksi Penanaman Di Hutan Pangkuan di LMDH Gempita

24 Mei

Kalipagu Ketenger 24 Maret 2015

Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMPAKSI) Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Melakukan Penanaman di kawasan hutan pangkuan LMDH Gempita Perhutani KPH Banyumas Timur

IMPAKSI (Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam) Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman

Konservasi alam yang dimaksud adalah upaya perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan serta ekosistemnya untuk menjamin keberadaan dan kesinambungan sumberdaya alam dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman hayati (Departemen Kehutanan, 2013: 3).
Konservasi alam mencakup pemanfaatan, perlindungan, pelestarian, serta terjaminnya ekosistem yang berkesinambungan. Konservasi alam di sini mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan. Pembangunan yang berkelanjutan adalah pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan generasi saat ini dan kebutuhan generasi mendatang.

Pendidikan Konservasi bagi masyarakat adalah merupakan bagian dari hak untuk mendapatkan informasi/pemahaman yang jelas dan aksi nyata agar dapat dipahami dengan gamblang. Konservasi alam yang merupakan kewajiban bagi umat manusia tentunya menjadi bagian budaya cinta lingkungan.
Kehidupan alam bebas sangat penting bagi manusia karena memiliki beberapa faktor manfaat diantaranya:
1. Faktor keindahan
2. Manfaat ekonomi
3. Manfaat ilmiah
4. Manfaat bagi kelangsungan hidup

Rembugan Konservasi dengan Fak Kedokteran Gigi UNSOED (2)Rembugan Rencana Kegiatan Konservasi (Rumahku)

Pada hari Minggu, 24 Mei 2015 berempat di gerumbul Kalipagu desa Ketenger kecamatan Baturraden, IMPAKSI (Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Kedokteran Gigi) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto bersama LMDH Gempita yang didukung oleh Perhutani KPH Banyumas Timur, Komunitas Wong Apa Purwokerto, Pecinta Alam Durgawana, Pramuka Sakawana Bakti KPH Banyumas Timur, dan Kebun Raya Baturraden telah melakukan kegiatan periangatan Hari Keanekaragaman Hayati dengan melakukan penanaman tanaman.

Kegiatan yang sebelumnya pada Sabtu malam Minggu, 23 Mei 2015 telah dilakukan malam renungan dan pengukuhan komunitas Pecinta Alam IMPAKSI.
Pada hari ini dilakukan penanaman beberapa jenis tanaman :
1. Pucuk merah (yang ditanam di turus jalan gerumbul Kalipagu Ketenger Baturraden).
2. Aren
3. Pucung
4. Kemiri
5. Jenitri
6. Damar
7. Palm

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tanaman tersebut ditanam di sepadan sungai kawasan hutan pangkuan LMDH Gempita, KPH Banyumas Timur dan lahan masyarakat (sebagai salah satu peduli lingkungan dengan masyarakat).
Sebelum dilakukan penanaman diadakan sambutan yang diisi oleh :
1. Ketua LMDH Gempita Sdr. Purnomo
Ucapan terima disampaikan kepada para peserta kegiatan atas dukungan dalam peningkatan mutu sumber daya alam di Kalipagu. Diharapkan kegiatan ini menjadikan suatu pembelajaran kepada kita, bahwa kelestarian alam ini adalah tanggung jawa bersama.

Sambutan Ketua LMDH Gempita PURNOMO
2. Perhutani KPH Banyumas Timur Sdr.Kuswoyo
Mewakili KPH Banyumas Timur, mengucapkan terima kasih atas peran sertanya dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan khususnya di hutan pangkuan LMDH Gempita ini. Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini kedepan akan menambah keanekaragaman hayati yang meningkatkan kelestarian alam kita.

Sambutan KPH Banyumas Timur di LMDH Gempita
3. Kader Konservasi Alam Sdr.Maskusno
Sebagai bagian dari umat manusia yang mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan untuk terus menjaga kelestarian alam berkelanjutan. Kawasan hutan lereng Gunung Slamet ini merupakan kawasan penyangga ketersediaan air untuk wilayah Purwokerto yang harus tetap terjaga. Hutan dikawasan ini juga mempunyai potensi wisata yang potensial dikembangkan. Untuk hal ini peran semua pihak tentunya terus ditingkatkan dalam upaya kelestarian alam ini.

Sambutan Kader Konservasi Alam Banyumas KUSNO

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Adapun total bibit tanaman sejumlah 500(lima ratus) batang yang diperoleh dari swadaya peserta kegiatan dari Pecinta Alam IMPAKSI dan bantuan dari Kebun Raya Baturraden (damar dan palm) sejumlah 200 batang.

Penanaman di Turus Jalan ( Ketua LMDH Gempita, Mas Jaya/Tokoh, Impaksi, Banyoemas Komoenitas(Darno), KKA (Kusno). Perhutani KPH Banyumas Timur (Kuswoyo), anak-anak, perwakilan perempuan)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Peanaman di Sepadan Sungai oleh peserta dan hutan pangkuan LMDH Gempita

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Peran pemuda dalam peningkatan mutu sumber daya alam ini telah terbukti dapat dilaksanakan dan diharapkan juga memelihara tanaman yang telah ditanam dan berlanjut kegiatan seperti ini.

Kepada teman-teman ku (Sdr.Arif/IMPAKSI, kang Dharma P, kang Darno, kang Tri W) yang telah memberikan dukungan dan daya upaya terselenggaranya kegiatan ini tentunya akan menjadi nilai ibadah. Menjadi pembelajaran dalam perjalan hidup yang akan membimbing dalam langkah kebaikan. Kami sebagai Kader Konservasi Alam (KKA) mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya yang dari awal perencanaan dilakukan di rumah kami. Hal ini menjadikan kami merasakan betapa indahnya kalau saja para generasi muda terus lebih mencintai lingkungan dengan melakukan kegiatan nyata seperti ini.
Kepada masyarakat gerumbul Kalipagu yang telah memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar di wilayah Kalipagu terutama kepada Mas Jaya dan teman-teman, LMDH Gempita dan anggotanya.

SatelitPost 25 Mei 2015 IMPAKSI UNSOED

SatelitPost 27 Mei 2015 Menanam di Kalipagu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: