Kelompok Tani Manggar Jaya Desa Semedo Kec. Pekuncen Kab. Banyumas

22 Mei

Desa Semedo,  Mei 2015

Penyuluhan di Kelompok Tani Manggar Jaya desa Semedo

anggota Kelompok Tani Manggar Jaya desa Semedo

Desa Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas merupakan desa yang terletak di datarang tinggi, tetapi kondisi alamnya subur. Desa Semedo berbatasan dengan Desa Petahunan di sebelah barat, Desa Cikawung di sebelah Timur, Desa Cibangkong di sebelahg Selatan, dan Desa Karang Kemiri di sebelah Utara. Semedo dibagi menjadi dua Kadus yaitu
Kadus Timur : grumbul Planjan, Gunung Cau dan, Karang Mangu dan
Kadus Barat : grumbul Karang Pucung, Kali Manggis, Sawangan, dan Pangawaren. (Kadus Bapak Wiwid)

Balai desa Semedo Kec Pekuncen
Kelompok Tani MANGGAR JAYA terletak di wilayah Kadus Barat.

loga Manggar JayaSekretarian Kelompok Tani Manggar Jaya desa Semedo Kec PekuncenSekretariat Kelompok Tani Manggar Jaya

Menuju desa Semedo merupakan pengalaman menarik, dengan mengendarai motor tua F1ZR 1997 yang telah menemaniku sejak 1997 dan alhamdulillah tidak mengelamai kendala, kuat sekalipun jalan menanjak, berkelok dan cukup banyak jalan yang rusak perlu perbaikan. Ada beberapa jalan yang sedang dalam perbaikan oleh pemerintah daerah kabupaten Banyumas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah tujuan sampai lokasi ternyata kelompk tani Manggar Jaya telah mempunyai tempat pertemuan yang cukup bagus dan dilengkapi dengan informasi kegiatan selama ini, dan juga memiliki buku-buku dan informasi bagi anggota dan masyarakat sekitar. Sayapun merasa kagum dan sedikit bertanya, kelompok tani yang di desa jauh dari keramaian telah memiliki sekretariat yang cukup memadai dan bisa dicontoh oleh kelompok lain. Ternyata kelompok ini dipumpin oleh generasi muda yang cinta desa dan petani, disamping itu ternyata seorang yang punya pendidikan lebih dari cukup seorang sarjana teknik. Kalau dipikir memang seakan tidak mungkin kondisi pendidikan cukup mau untuk mengabdikan dirinya dengan membantu petani di desanya. Dia adalah Akhmad Sobirin.

Ketua Kel Tani Manggar Jaya Akhmad SobirinAkhmad Sobirin (Ketua Kelompok Tani Manggar Jaya)

Pengurus  Kelompok Tani Manggar Jaya desa Semedo Kelompok tani yang bergerak dengan produk gula kristal ini telah membawa perubahan pendapatan anggotanya dan masyarakat sekitar. Kelompok yang telah mempunyai pengolahan gula kristal yang telah menjadi produk ekspor dengan kemitraan dengan pihak luar.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kami yang berdo’a kelak akan menjadi contoh oleh kelompok lain dan harapan kami pembinaan berkelanjutan untuk menuju kelompok tani mandiri yang akan membawa kemakmuran, kesejahteraan petani. Dengan penuh harapan Saudara Akhamd Sobirin kiranya total menjadi nahkoda bagi anggotanya. Pertemuan yang selalu diadakan untuk membawa kelompok tetap berjalan menuju tujuan kelompok Manggar Jaya yang dicita-citakannya.
Saya sebagai Penyuluh Swadaya hanya bisa sedikit memberikan do’a dan dukungan agar Kelompok Tani Manggar Jaya menjadi kelompok yang mandiri dan mensejahterakan anggotanya, membawa nama desa Semoda makin dikenal juga nama baik daerah. Aamiin.

Penyuluhan Kelompok Tani Manggar Jaya desa Semedo kec Pekuncen

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: