Lingkungan Baik Sebagai Kebutuhan Hidup Kita

10 Mar

Baseh, 10 Maret 2015

Penyuluh Kehutanan - Pamong Budaya - Kusno Banyumas

Pagi ini dirumah seperti hari-hari lain nyapu halaman rumah dibawah dua pohon lengkeng yang cukup rimbun, dengan dibawahnya tertata batu tanpa disemen yang membuat resapan air tetap ada. Setelah beberapa saat datanglah teman-teman yang cukup lama ku kenal. Setelah kuperkenakna masuk ruang komunikasi yang kutata agar lebih nyaman tanpa kursi. Obrolan santai bareng Penyuluh Kehutanan (Pak Sutaryo) dan Pamong Budaya (Pak Karsono) di rumah ku.
Ditemani kopi, getuk goreng dan pangsit ngobrol ngalor ngidul (ga focus) tetapi dalam obrolan itu mengandung beberapa hal yang diharapkan akan memberi khasanah perbendaharan ilmu buat kita.

Arti lingkungan dimana kondisi alam yang harus terjaga terutama di daerah bagian lereng gunung dan sekitarnya sebagai daerah tangkapan air juga sumber mata air. Tentunya akan berdampak sangat luar biasa kalau kesadaran semua pihak untuk melestarikan alam baik hutan yang berada di gunung Slamet maupun hutan rakyatnya.

Sering terjadi kurangnya pemahaman fungsi hutan itu sendiri dan terlebih lagi adanya pandangan berbeda kalau ada kerusakan di daerah hulu. Kondisi masyarakat yang tentunya memerlukan perekonomian untuk kebutuhan keluarga sering disalahan sebagai sumber kerusakan hutan dengan merambah, menebang dan memanfaatkan tanpa melihat dampak dan akibatnya. Hal ini belum banyak diperhatikan pemberdayaan yang disesuaikan dengan potensi mereka atau potensi masyarakatnya. Hal ini tidak cukup dilakukan dengan program dari instansi terkait, namun kita sebagai pemanfaat alam ini diharapkan terlibat langsung pada pemberdayaan mereka.

penghijauan desa karangsalam baturaden (1)

Kembali kepada lingkungan yang baik dan lestari akan menimbulkan efek lain berupa adanya potensi wisata, sebagai contoh air yang selalu ada akan mengaliri sungai atau curug yang asri menjadi obyek wisata. Demikian juga adanya sekolah alam, wisata alam, atau jenis kegiatan lain yang menggunakan alam yang baik.

maskusno-banyumas (7)

gomblang-desa Baseh Kedungbanteng Banyumas

hutan desa Baseh (1)

Dengan alam yang seger atau hijau akan berdampak pada ketersediaan oksigen yang membuat kesehatan lebih baik. Sungai lebih baik juga kesehatan kita akan lebih baik pula. Kesadaran alam yang baik sebagai kebutuhan hidup kita lebih baik dan sehat.

Untuk hal inilah KITA KUDU LEBIH SADAR PENTINGNYA LINGKUNGAN SEHAT UNTUK KEPENTINGAN KITA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: