Kelompok Tani Nira Sejahtera Desa Sikapat Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

24 Feb

Sikapat-Sumbang, 24 Februari 2015

Kelompok Tani Nira Sejahtera desa Sikapat kec Sumbang-Banyumas (13)

Kelompok Tani Nira Sejahtera Desa Sikapat Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, pada tahun ini mendapatkan program Pendidikan Kemasyarakatan Pelatihan Pasca Panen, Pengolahan Hasil Perkebunan Kabupaten Banyumas Tahun 2015 dari Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah.

Balai Desa Sikapat Kec Sumbang Kabupaten Banyumas

Kelompok Tani Nira Sejahtera desa Sikapat kec Sumbang-Banyumas (15)

Kelompok Tani Nira Sejahtera desa Sikapat kec Sumbang-Banyumas (1)

Kelompok Tani Nira Sejahtera desa Sikapat kec Sumbang-Banyumas (4)

 

Pada kegiatan ini petani penyadap nira kelapa yang diharapkan pada mengolah hasil nira kelapa mendapatkan nilai lebih. Hal ini diperlukan adanya pembinaan berkelanjutan juga adanya produk gula kristal yang bermutu baik/sertifkasi organik (tidak menggunakan bahan kimia untuk pengolahan nira). Harapan ini tentunya petani lebih banyak diberi pembinaan, pemahaman, dan pendampingan agar mutu gula meningkat secara kuantitas atau kualitas.

Untuk mencapai target mutu gula lebih baik dan diterima pasar tentunya kelompok harus kuat dalam arti kemampuan pengurus dalam mengatur rumah tangga kelompok, anggota,  meningkat pengetahuannya, adanya kemitraan baik dengan instansi terkait atau kemitraan dengan perusahaan/lembaga lain.

Rutin dalam pertemuan yang dapat menambah wawasan baik untuk menambah pengetahuan ketrampilan atau penyelesaian masalah kelompok. Dalam pertemuan akan meningkatkan kemampuan kelompok baik pada pencapaian tujuan kelompok dalam meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya, masyarakat pada umumnya juga administrasi kelompok akan lebih tertata.

Pada kesempatan ini pemerintah desa yang disampaikan oleh Sekertaris Desa, agar para petani yang ikut pada kegiatan ini untuk dapat menerapkan ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri, dapat meningkatkan pemahaman, meningkatkan kesejahteran petani gula kelapa khususnya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah, Dispertanbunhut Kabupaten Banyumas, serta para narasumber yang telah menyampaikan paparannya. Apa yang telah diberikan di desa Sikapat akan bermanfaat untuk para petani.Kelompok Tani Nira Sejahtera desa Sikapat kec Sumbang-Banyumas (16)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: