Motivasi Calon Pengurus Karang Taruna Kemutug Kidul ( Satria Taruna Jaya VIII)

1 Feb

Kemutug Kidul, 31 Januari 2015 ( jam 20.30-23.00 WIB)

Motivasi Calon Pengurus KARANG TARUNA  Satria Taruna Jaya VIII desa KEMUTUG KIDUL KEC BATURADEN

Karang Taruna - Satria Taruna Jaya III Kemutug Kidul Kec Baturaden  (4)

Dengan gerimis mengiringi perjalanku dari desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng menuju desa Kemutug Kidup Kecmatan Baturaden untuk berkumpul bareng dengan temen-temen Karang Taruna dan pulangpun diiringi gerimis sampai di rumah pukul 00.10 WIB. Semoga apa yang kami lakukan bersama temen-temen ada hikmah dan manfaatnya. Aamiin

Karang Taruna Kemutug Kidul ( Satria Taruna Jaya VIII)
Sesuai Pedoman Dasar Karang Taruna, pengertian Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan social.
Tugas
Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

VISI
Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi mitra organiasasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan dibidang Kesejahteraan Sosial baik untuk masyarakat dilingkungan sekitar.

MISI

  1. Meningkatkan SDM demi masa depan yang lebik baik melalui bidang masyarakat dan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah ataupun pihak lain, melalui pengembangan kelumpok usaha bersama.
  2. Terwujudnya kesejahtaraan sosial yang semakin meningkat bagi warga Desa pada umumnya dan khususnya generasi muda yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mempu mengatasi masalah sosial dilingkungannya.
  3. Melestarikan kesenian daerah serta pengembangan minat untuk berolahraga.
  4. Meningkatkan peran pemuda dan perempuan serta memberikan kesadaran pentingnya perlindungan hukum terhadap hak perempuan sebagai anak atau remaja, sebagai istri dan sebagai ibu rumah tangga melalui sosialisasi pembangunan pemberdayaan perempuan yang melibatkan anggota karang taruna.
  5. Terwujudnya pemuda pemudi yang bertaqwa kepada Tuhan YME, penuh perhatian dan peka terhadap masalah dengan daya tahan fisik dan mental yang kuat, tegas dan teguh pendirian serta mampu berkreasi dan berkarya, jujur, sederhana sebagai acuan dimasyarakat.
    Turut berpartisispasi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta malakukan upaya antisipasif dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Tujuan Karang Taruna adalah :

  1. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menagkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.
  2. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Taruna yang Trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.
  3. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan keberdayaan warga Karang Taruna.
  4. Termotivasinya setiap generasi muda warga Karang Taruna untuk mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  5. Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
  6. Terwujudnya Kesejahteraan Sosial yang semakin meningkat bagi generasii muda di desa / kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan.
  7. pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
    Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa / kelurahan atau komunitas adat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan oleh Karang Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.

Perlu menjadi pedoman dalam membangun kehidupan yang diawali dari masa muda terutama dalam berorganisasi :

  1. Rela Berkorban
    Bersedia dengan ikhlas, senang hati, dengan tidak mengharapkan imbalan, dan mau memberikan sebagian yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya.
  2. Cinta Tanah Air
    Perasaan cinta terhadap bangsa dan negaranya sendiri
  3. Kerja Keras
    Berusaha dengan sepenuh hati dengan sekuat tenaga untuk berupaya mendapatkan keingingan pencapaian hasil yang maksimal pada umumnya.
  4. Keteladanan
    Suatu sikap positif yang dapat dijadikan sebagai acuan oleh masyarakat.
  5. Kejujuran
    Keserasian atas yang  disampaikan dengan fakta yang ada.
  6. Demokratis
    Suatu pilihan dimana sebuah bangsa menganut paham kebebasan berpendapat dengan hasil musyawarah mufakat.
  7. Mandiri
    Melakukan suatu hal tanpa menggantungkan diri pada individu lain.
  8. Bertanggung jawab
    Keadaan wajib menaggung segala sesuatu hal yang telah diperbuat..

Membaca peran karang taruna tersebut di atas, kiranya kita dalam memberikan tauladan dan arahan agar kelak tercapai tujuan itu. Pihak-pihak terkait secara berkesinambungan melakukan pendekatan, pembinaa, dan berbagai pelatihan yang dibutuhkan sesuai dengan potensi yang ada baik potensi sumberdaya alam atau sumber daya manusianya.

Pada kesempatan ini kami hanya memberikan sedikit berbagai agar temen-temen karang taruna di desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturaden dapat melanjutkan peran sertanya untuk membangun desa dan daerahnya.

Hadir pada saat ini hanya terbatas pada calon pengurus yang akan melakukan program kerja mendatang. Harapan kami apa yang telah disampaikan akan memberikan sedikit tambahan pengetahuan untuk menjadikan filter atau semangat menjalankan kinerjanya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: