Pelestarian Pohon Langka di Sekitar Curug Gomblang

26 Jan

Baseh, 25 Januari 2015

Pelestarian Pohon Langka di Sekitar Curug Gomblang

penanaman tanaman langka di curug gomblang
Konservasi Alam bukan merupakan tugas pagi para penggiat lingkungan, pecinta alam, pemerintah atau lembaga pro lingkungan, tetapi kewajiban kita yang terus ditingkatkan peran sertanya agar kelak anak cucu genarasi kita tetap menikmatan alam yang asri.
Kami sebagai Kader Konservasi Alam (KKA) telah melakukan jejaring dan kolaborasi dengan masyarakat/kelompok/lembaga untuk melakukan upaya pelestarian alam. Dengan harapan pendidikan langsung dengan masyarakat dapat diterima karena berupa aksi nyata dan komunikasi dengan mereka dengan bahasa yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada, baik potensi alam atau sumber daya manusianya.
Dengan komunikasi yang baik dalam upaya peningkatan mutu sumber daya alam/hutan diharapkan lebih optimal dalam pencapaian kelestarian alam baik fauna maupun flaura. Dalam hal ini keterlibatan masyarakat menjadi pokok dan utama untuk bersama pencapaian lestarinya hutan/alam ini. Apapun kebijakannya tanpa ada komunikasi jelas maksud dan tujuannya karena masyarakat tidak semua memahami, maka akan timbul penafsiran yang berbeda. Hal ini diperlukan adanya KOMUNIKASI SOSIAL seperti yang telah dilakukan pada kegiatan di hari Minggu, 25 Januari 2015 di kawasan Curug Gomblang desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng, dengan ketinggian 725 dpl hutan pangkuan LMDH Wana Lestari RPH Karang Gandul, BKPH Gunung Slamet Barat, KPH Banyumas Timur yang diwakili oleh Bapak Kuswoyo (Kaur Lingkungan KPH Banyumas Timur)
Pada kegiatan PELESTARIAN POHON LANGKA yang dilakukan hari Minggu, 25 Januari 2015 dengan lokasi di sekitar Curug Gomblang hutan pangkuan LMDH Wana Lestari desa Baseh telah memberikan kontribusi nyata pada pelestarian lingkungan.
Mengingat kami hanya bagian komunitas kecil yang juga bagian pengguna lingkungan ini dan menyadari harus turut serta dalam menjaga kelestarian alam. Harapan hutan bernilai konservasi tinggi dengan beberapa point penting :
• Kawasan dengan konsentrasi biodiversity
• Bentang lahan alami yang luas
• Kawasan dengan ekosisistem langka atau hampir punah
• Penyedia jasa lingkungan yang penting
• Kebutuhan dasar bagi masyarakat lokal
• Identitas budaya masyarakat lokal

Hutan sebagai kawasan ekosistem yang punya banyak manfaat seperti tersebut diatas, melalui aksi kecil sebagai pembelajaran kami dan berharap ada sedikit manfaat melakukan pengumpulan bibit tanaman dan telah ditanam sebagai pengayaan dan penyelamatan beberapa tanaman yang mulai langka.

( Menghijaukan, Melestarikan dan Mensejahterakan )
VISI DAN MISI Kader Konservasi Alam (KKA) KUSNO

bibit tanaman
1. VISI
Keseimbangan alam karuniaNya, Kita jaga warisan anak cucu.

2. MISI

  1. Pemberian informasi dan penyuluhan dalam upaya pemanfaatan sumber daya alam / hutan untuk meningkatan kesejahteraan hidup secara arif, bijaksana dan seimbang. ( Alam adalah Amanah Bagi Kita Semua )
  2. Meningkatkan pemahaman fungsi hutan dengan segala isinya (flaura, fauna) bagi kehidupan umat dan untuk keseimbangan alam.
  3. Membantu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan / Kecakapan hidup, dan mengubah sikap dan perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam pelestarian alam.
  4. Turut serta menjaga dan memanfaatkan potensi sumber daya alam / sumber daya hutan agar dapat dimanfaatkan secara simbang dan lestari.
  5. Gerakan menanamkan dan pelihara pohon sebagai perwujudan cinta lingkungan pada semua lapisan masyarakat, lembaga, dan instansi.
  6. Membangun jejaring / kemitraan dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia, SDA dan SDH.
  7. Membangung kesepahaman dan kesepakatan antara pihak. (Masyarakat, instansi pemerintah, swasta, badan dan lembaga lain ).

 

UNSUR YANG TERLIBAT KEGIATAN

Program kegiatan tidak dapat dilakukan sercara sendiri, hal ini bukan berarti karena ketidakmampuan dalam pembiayaan atau kemampuan. Keterlibatan unsur lain atau lembaga/instansi lain dan tidak kalah penting masyarakat harus terlibat sebagai jembatan penyampaian informasi dan pengetahuan.
Adapun yang terlibat adalah :

  1. KPH Banyumas Timur (pangkuan LMDH Wana Lestari, RPH Karang Gandul, BKPH Gunung Slamet Barat)
  2. Komunitas WONG APA Banyumas (dalam hal ini sebagai pelaksana kegiatan) bersama komunitas Durga Wana, Repital Satria Banyumas, Banyumas Komoenitas, OI Purwokerto, Manunggaling Warga Koenang-Koenang, Pramuka Ambalan Dewakarti dan Wanabakti serta Remaja Putra Karang desa Baseh.

 

NAMA KEGIATAN DAN LOKASI PENAMANAN

Pelestestarian Pohon Langka

Adapun tanaman yang telah ditanam di kawasan hutan dan dibagi kepada masyarakat desa hutan untuk ditanam di lahan masyarakat adalah :
daftar tamanan

Menaman Tanaman Langka di Curug Gomblang Desa Baseh Kec.Kedungbanteng (LMDH Wana Lestari) bareng Wong Apa Banyumas (3)

bibit tanaman dan komunitas WONG APA Banyumas (5)

bibit tanaman dan komunitas WONG APA Banyumas (10)

Kawasan ini telah memberikan banyak bagi pemanfaatan jasa lingkungan berupa memenuhi kebutuhan air bersih untuk beberapa desa sekitar. Disamping untuk kebutuhan air minum juga tanah pertanian tetap terpenuhi sepajang tahun. Untuk tahun ini diharapkan akan beroperasi pembangkit listrik berkekuatan 3 MegaWatt dan direncana akan ada 4 pembangkit yang sejenis yang berarti sumber air di tempat ini akan mampu memenuhi/menyuplai kebutuhan listrik 15mega. Apabila kondisi alam ini terus dijaga oleh kita, tentunya akan meningkatkan kemakmuran dan kelestarian alam.
Hal tersebut telah selaras dengan Implementasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat atau dikenal dengan PHBM berupa kegiatan Kelola Sosial yang bertujuan meningkatkan peran masyarakat (desa sekitar hutan) yang sekaligus meningkatkan fungsi hutan terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan, sehingga terjadi kesinambungan dan kejelasan dalam berbagi peran dan manfaat antara Perhutani dan MDH sebagai konsekuensi logis kegiatan pengelolaan Sumber Daya Hutan.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Kami mengucapkan terima kasih kepada KPH Banyumas Timur

kantor KPH Banyumas Timur

yang telah memberikan ijin dan kontribusi dukungan yang luar biasa kepada kegiatan ini dan telah memberikan wawasan tentang arti dan manfaat hutan bagi kehidupan, peran serta LMDH dalam kawasan hutan pangkuan, juga peran serta Perhutani dan masyarakat menjadikan kami lebih memahami yang disampaikan oleh Bapak Kuswoyo (Kaur Lingkungan KPH Banyumas Timur). Bukan hanya perlindungan tanaman yang ada di kawasan hutan tetapi juga satwa yang harus dilindungan agar tetap lestari sebagai satu kesatuan ekostim. Tanpa peran aktif masyarakat kelestarian flaura dan fauna tidak akan berhasil.
dan khususnya kepada Bapak Adm KPH Banyumas Timur secara pribadi juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan dan dukungannya sehingga terlaksananya aksi penanaman beberapa pohon langka dengan harapan kami bersama teman-teman yang telah melakukan aksi tersebut siap bekerjasama yang baik dengan Perhutani untuk mengadakan aksi nyata lainnya.

Kepada komunitas WONG APA dengan teman-teman ( komunitas Durga Wana, Repital Satria Banyumas, Banyumas Komoenitas, OI Purwokerto, Manunggaling Warga Koenang-Koenang, Pramuka Ambalan Dewakarti dan Wanabakti ) telah berperan aktif dalam membantu bibit tanaman dan penanaman di wilayah ini. Dan harapan kami jangan berhenti sekali kegiatan tetapi terus dan terus pro lingkungan. Pada kesempatan ini Kang Darno sebagai perwakilan menyampaikan terima kasih atas perkenan dan sambutannya baik dari pihak masyarakat desa Baseh dan pihak Perhutani serta pengalaman pada kegiatan ini sangat berarti bagi teman-teman. Apa yang telah disampaikan oleh Bapak Kuswoyo (Perhutani KPH Banyumas Timur) juga dari fasilitator sdr.Kusno (saya sendiri selaku Kader Konservasi/Penyuluh Swadaya).

Kepada LMDH Wana Lestari yang bersama melakukan aksi penanaman dan para kesampatan ini Ketua LMDH Wana Lestari Sdr. Agus Setiansah menyampaikan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anggotanya dapat menambah ilmu dan pemahaman arti hutan bagi kemakmuran masyarakat dan kelestarian alam. Agus juga mengucapkan terima kasih kepada Perhutani dan sekaligus memperkenalkan diri sebagai ketua LMDH yang baru.

Kepada semua pihak apa yang telah diberikan berupa bibit taman, tenaga, pikiran dan dana untuk kebutuhan kegiatan semoga menjadikan kebaikan bagi semua.
Dan mohon maaf pada pihak-pihak yang kurang berkenan karena keterbatasan kemampuan kami karena pencapaian inti berupa penanaman beberapa pohon langka dan tanaman buah untuk warga masyarakat desa Baseh. Kekurangan yang ada pada kami menjadikan pengalaman baik untuk dapat melakukan lebih baik, dan saran buat kegiatan juga diharapkan oleh teman-teman.

KESIMPULAN
Kegiatan ini cukup berhasil dan efektif dalam penyampaian informasi konservasi kepada masyarakat dari berbagai kelompok dari LMDH, komunitas anak remaja dan tokoh masyarakat. Jadi perlu dilakukan lebih banyak dibeberapa tempat dan dukungan dari berbagai pemerhati lingkungan, lembaga, instansi serta masyarakat.

PENUTUP
Kami banyak berterima kasih dan mohon do’a dan dukungannya agar bagian dari penyelamatan lingkungan ada pihak-pihak yang melakukan tanpa ada beban moral dan penuh rasa ikhlas.

SUARA MERDEKA 30 JANUARI 2015-Pohon Langka di Gomblang

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

(Kegiatan ini sebagai bimbingan hati kami…dan apabila pembaca berkenan dan membantu untuk meningkatkan kegiatan kami dengan berbahagia kami menerima).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: