Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal Jateng 2014

17 Des

Purwokerto, 17 Desember 2014

Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal JatengDalam upaya melindungi spesies untuk kelestarian alam dan meningkatkan optimalisasi pemanfaatan potensi alam diperlukan peran serta semua pihak dalam menjaga dan mengupayakan keberlangsungan kekayaan alam. Dalam hal ini BPTP Jawa Tengan dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah melakukan Sosialisai Pengelolaan Sumber Daya Genetik Tanaman Lolak Jawa Tengah Tahun 2014 di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan yang dihadiri praktisi UNSOED, UMP, UNWIKU, SKPD, Sekolah, BPTP Jateng,BPH Jateng, dan pegiat lingkungan berlangsung di Gedung BLH Kabupaten Banyumas. Dalam acara tersebut diisi pemateri dari  BPH Jawa Tengah, UNDIP, dan BPTP Jawa Tengah dilanjutkan tanya jawab.

1. Dari BLH Propinsi Jawa Tengah

BLH PROP JATENG

Program KOMDA SGD BLH JatengRAPAT SDG BPTP BANYUMAS 17 DES’14

2. Dari UNDIP Semarang

JUMERI UNDIP

Peran Taksonomi-JumariPERAN TAKSONOMI

3. BPTP Jawa Tengah

BPTP Jateng- genetik

Sosialisasi SDGT Lokal Jateng BPTP JatengSOSIALISASI SDG BPTP-JTG-DES 14

Peningkatan kesadaran kita semua dalam menjaga spesies tanaman lokal perlu ditingkatkan, agar pemanfaatannya lebih optimal dalam menjaga ekosistem hayati tetap terjaga. Apa yang tercipta disekitar kita tentunya bermanfaat buat kita, hanya saja dalam penelitian atau pemanfaatannya belum semua dipahami oleh kita semua.

Spesies tanaman telah banyak yang hilang karena keterbatasan pemahaman kita untuk menjaganya. Padahal dengan kemajuan teknologi aneka tanaman/tumbuhan cukup banyak manfaatnya buat kebutuhan kita.

Diperlukan koordinasi berupa peran kita semua untuk memberikan informasi apabila ada jenis-jenis tanaman yang dianggap tanaman asli agar dapat diidentifikasikan oleh pihak terkait untuk diteliti dan pemanfaatannya lebih jelas. Beberapa tanaman yang mulai hilang keberadaannya disekitar kita tentunya cukup banyak, namun kita terkadang mengabaikan akan fungsi dan manfaatnya.

genetik

Sosialisasi SDG 17 Des 2014

dokumen BLH BmsKELESTARIAN ANEKA HAYATI = KEPENTINGAN KITA

Untuk hal inilah bersama menjaga ekosistem agar keseimbangan makin terjaga untuk dapat dimanfaatkan sebesar-besar kemakmuran kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: