Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Kabupaten Banyumas 2014

22 Nov

Purwokerto, 22 Nopember 2014

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten BmsHari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Kabupaten Banyumas 2014 yang dilaksanakan di Kebun Kehati di desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden berlangsung dengan penuh makna. Undangan dari Bupati Banyumas, berbagai intansi pemerintah/SKPD, sekolah SD/SLTP/SLTA, Pramuka, Pecinta Alam, Kepala Desa, unsur tokoh masyarakat, penggiat lingkungan, dan PKK.

Kegiatan yang diawali dengan penanaman pohon oleh Bupati Banyumas, Asekbang, Ka Dispertanbunhut, BLH Kabupaten Banyumas oleh Bapak Joko  dilokasi Kebun Kehati BLH.

Bupati Menanam Pada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Acara dibuka oleh Bapak Ir. Didi Rudwianto, SH., M.Si. beliau menyampaikan kita punya kewajiban menjaga lingkungan dan acara ini merupakan peringatan buat kita bukan hanya seremonial. Kita terus melakukan kegiatan berupa gerakan pro lingkungan.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms (19)Yang selanjutnya sambutan Bupati Banyumas. Bupati menyampaikan betapa pentingnya tanaman apalagi yang langka untuk dapat dipertahankan dengan membudidayakannya. Kita bersyukur di Kabupaten Banyumas mempunyai tempat sebagai kebun untuk koleksi tanaman langka. Demikian juga kita agar bisa menjaga adanya satwa yang sekarang sudah langka. Di Kabupaten Banyumas burung Crocokan sebagai kekayaan yang harus dijaga agar jangan punah keberadaannya. Untuk jenis tanaman adalah pohon Nagasari yang mempunyai manfaat yang tinggi dan ada kaitannya dengan sejarah di Banyums, harus kita jaga keberadaannya jangan sampai punah.

Sambutan Bupati Bms Pada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten BmsKepala SMAN 1 Banyumas sebagai sekolah berbasis lingkungan dengan berbagai program pro lingkungan dimana pendidikan karakter siswa menjadi keutamaan dalam mencapai lingkungan lebih baik dan karakter peserta didik mampu untuk meningkatkan pendidikan agar kelak menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungan. Pergerakan pramuka yang ada di sekolah tersebut ujung tombak dalam pencapaian lingkungan lebih baik. Hal ini terbukti SMAN 1 Banyumas mendapat predikat Adiwiyata.

Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan yang saya sampaikan adalah peran serta masyarakat selama ini di Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan mutu lingkungan di sekitar adalah adanya budaya menanam sudah mencapai tingkat sebagai kebutuhan. Hal ini terbukti keswadayaan dalam memenuhi tanaman dilahan masyarakat. Berbagai jenis tanaman tertanam dan tumbuhnya para penangkar bibit tanaman yang mampu memenuhi kebutuhan di Banyumas serta cukup banyak bibit tanaman yang dijual keluar wilayah Banyumas hingga ke luar pulau. Pada acara ini juga hadir Dinas Pendidikan, dan kami banyak berharap dunia pendidikan menjadi motor penggerak pada pro lingkungan sejak dini. Lingkungan sangat erat sekali pada sikap perilaku dan untuk membentuk karakter ini harus terus berkelanjutan. Diharapkan pendidikan menjadikan pro lingkungan dari anak-anak usia dini (PAUD) dan seterusnya.

Kusno Banyumas Pada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms (24)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh masyarakat dalam upaya pelestarian CINTA PUSPA dan SATWA.

  1. Kesadaran untuk menanam tanaman cukup tinggi dibuktikan dengan kondisi hutan rakyat yang tetap hijau. Daya beli bibit tanaman dan makin tumbuh penangkar bibit tanaman disetiap desa baik tanaman kayu, buah, atau hias.
  2. Gerakan kali bersih, budaya BAB pada tempatnya, pemanfaatan limbah sampah, pemanfaat sampah untuk pupuk organic, dan larang berburu satwa terutama yang dilindungi.
  3. Kelompok Pecinta Lingkungan yang makin marak dalam menyuarakan sadar lingkungan dengan berbagai aksi nyata seperti liflet himbauan cinta satwa dan penghijauan juga lomba pro lingkungan.
  4. Karang Taruna bergerak dalam aksi lingkungan,
  5. Siswa PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi juga PRAMUKA cukup menggelora dalam pro lingkungan dengan berbagai aksi nyata.
  6. Kearifan local yang masih ada di beberap wilayah

UU No. 5 Tahun 1990
Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem

BAB IX
PERAN SERTA RAKYAT
Pasal 37

  1. Peran serta rakyat dalam konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya diarahkan dan digerakkan oleh Pemerintah melalui berbagai kegiatan yang berdaya guna dan berhasil guna.
  2. Dalam mengembangkan peran serta rakyat sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), Pemerintah menumbuhkan dan meningkatkan sadar konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya di kalangan rakyat melalui pendidikan dan penyuluhan.

Pada acara ini juga para undangan diberi bibit tanaman diantaranya durian, mangga, sawo, melinjo, pucung, dll sebagai tanda serta ikut menanam dalam upaya melestarikan lingkungan. Bibit tanaman tersebut berasal dari berbagai sumber seperti dari pring sewu, perhutani, BLH, dll. Hal ini bukti keterlibatan lembaga lain atau pihak swasta dalam mendukung pro lingkungan di Kabupaten Banyumas.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms (22) Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms (23)Pada akhir acara ditutup oleh bapak Ir. Didi Rudwianto, SH., M.Si. menyampaikan betapa pentingnya alam ini agar kita terus menjaga kelestarianya sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Bersama untuk terus meningkatkan peran serta dalam cinta lingkungan diwilayah masing-masing.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2014 Kabupaten Bms (31)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

LIFLET Hari CINTA PUSPA-SATWA-1LIFLET Hari CINTA PUSPA-SATWA-2

Satu Tanggapan to “Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Kabupaten Banyumas 2014”

  1. Beta Aprikartika November 23, 2014 pada 4:43 am #

    Kula mboten angsal undangane pripun pak hehe
    Sukses buat kegiatan ke depannya ya kang Kusno🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: