Fasilitasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Banyumas

9 Nov

Fasilitasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Banyumas

materi kegiatan TKSK Banyumas

Fasilitasi TKSK Banyumas (4)

Upaya peningkatan peran serta TKSK di Kabupaten Banyumas dengan kegiatan Fasilitasi TKSK dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyumas, yang dilaksanakan di Gedung Balai Rehabilitasi Sosial Budi Sakti Banyumas. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh TKSK se-Kabupaten Banyumas.

Fasilitasi TKSK Banyumas (8)Melalui kegiatan seperti ini diharapkan optimalisasi penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial baik perseorangan, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang karena sesuatu hambatan, kesulitan atau gangguan, TKSK dapat mengambil peran penting serta meningkatnya peran serta pihak lain seperti masyarakat, lambaga, instansi lain (meningkatnya jejaring kerja/kemitraan).

Jadual Kegiatan Fasilitasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan
1. Sabtu, 08 Nopember 2014

  • Registrasi
  • Pembukaan
  • Peran TKSK bagi Pembangunan di Pemkab.Banyumas
  • Penyusunan dan Evaluasi Kinerja Program dan Kegiatan TKSK
  • TKSK Berprestasi

2. Senin, 10 Nopember 2014

  • Penanganan PMKS di Budi Sakti I
  • Penanganan PMKS di Budi Sakti II
  • Manajeman Penanganan PMKS dan PSKS

3. Selasa,11 Nopember 2014
Perjalanan Kunjungan Lapangan di Kabupaten Pati ( Peran TKSK bagi Pembangunan Kabupaten Pati)

VISI-MISI  FK-TKSK Banyumas

Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinan nomor 467/DYS-PK.3/KPTS/11/2011, menganggap tugas-tugas TKSK yang terdahulu yang tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinan nomor 245/PS.3/KPTS/X/2009 sudah tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kehidupan, sehingga perlu diganti. Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab yang diemban TKSK kini ruang lingkupnya semakin luas dengan beban yang kian berat.

Tugas dan tanggung jawab TKSK adalah sebagai berikut:

  1. Mengendalikan seluruh Kegiatan pelayanan Kesejahteraan Sosial di tingkat kecamatan yang dilakukan oleh potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) lainnya, seperti Pekerja sosial masyarakat (PSM), Karang Taruna, Satuan Bakti Pekerja Sosial, Organisasi Sosial, dan WKSBM.
  2. Mengkoordinasikan seluruh proses kegiatan pelayanan kesejahteraan di tingkat kecamatan dengan pihak-pihak terkait.
  3. Menyusun direktori dan road map tentang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan Potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) dari para penyelenggara pelayanan kesejahteraan sosial yang ada disetiap desa/kelurahan dan selanjutnya digunakan sebagai sumber data kecamatan untuk acuan pengambilan keputusan Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
  4. Memberikan advokasi kepada penyelenggara kesejahteraan sosial baik diminta maupun tidak diminta.
  5. Melakukan monitoring, evaluasi serta membuat laporan secara periodik kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai ruang lingkup wilayah tugasnya dan memberikan rekomendasi untuk menentukan kebijakan lanjutan.
    Membaca Tugas dan tanggung jawab TKSK yang begitu besar diperlukan adanya keterpaduan antar elemen agar pencapaian tersebut menjadi tujuan utama kesejahteraan masyarakat. Permasalahan sosial tanggung jawab bersama.

Melalui kegiatan ini sebagai tugas dari Karang Taruna Kabupaten Banyumas, saya mengambil judul Materi “Menumbuhkan Sikap Sosial Upaya Membangun Diri Dan Lingkungan”.

Materi TKSK-Menumbuhkan Sikap Sosial Upaya Membangun Diri Dan LingkunganMateri ini memuat semangat TKSK dalam melakukan tugas sosialnya serta meningkatkan jejaring kerja/kemitraan dengan pihak lain. Sikap TKSK sebagai pionir dalam kecamatannya sebagai tauladan dalam kegiatan penanganan sosial. Belajar ikhlas dalam tindakan bersama masyarakat sebagai cermin jatidiri TKSK mengemban amanah turut serta dalam peran meningkatkan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: