Pelatihan Penyadapan Aren Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

23 Sep

Langgongsari Cilongok, , 23 September 2014 balai desa Langgongsari Cilongok BanyumasSalah satu potensi desa Langgongsari Kecamatan Cilongok yang belum dioptimalkan adalah tanaman aren. Disela-sela tanaman kelapa yang telah memberikan arti penting dalam perekonomian masyarakat dengan gula merah, disamping tanaman buah dan kayu. Kepala Desa Langgongsari Bapak Rasim, mengatakan bahwa di desanya cukup banyak pohon aren yang telah berbuah kisaran 500 pohon. Pohon aren ini merupakan tanaman liar karena penyebarannya bukan ditanam tetapi karena binatang luwak. Kepala Desa juga menambahkan agar masyarakat mau memanfaatkan pohon aren ini sebagai salah satu sumber penghasilan ekonomi sebagai gula aren. Pemanfaatan Pohon Aren di desa Langgongsari Cilongok oleh Kusno desa Baseh Kedungbanteng (3) Setelah Kepala Desa Langgongsari melihat adanya penebangan pohon aren karena dijual untuk dibuat tepung aren, maka hatinya tergugah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar pohon aren tersebut untuk diambil niranya. Niat baik ini disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Banyumas dalam hal ini ditindaklanjuti oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertabunhut) Kabupaten Banyumas. Pada hari Selasa, 23 September 2014 diadakan pemahaman dan praktek cara menyadap nira aren. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dispertanbunhut Kabupaten Banyumas Ir.Tjutjun Sunarti dan Pak Sutiarto. Kepala Dispertanbunhut mengatakan untuk saat ini penting untuk memanfaatkan pohon aren untuk diambil niranya untuk gula aren. Gula aren yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi, diharapkan desa Langgongsari menjadi contoh sentra gula aren di Kabupaten Banyumas. peragaan praktek penyadap aren di desa Langgongsari Cilongok Bapak Warsito dari desa Baseh Kedungbanteng (13) Bapak Sutiarto menyampaikan apa yang telah dicontohkan oleh narasumber teknis Bapak Warsito merupakan ilmu yang cukup penting agar bisa sebagai dasar untuk memulai memanfaatkan pohon aren diambil niranya. Adapun teknis pelaksanaan seperti yang telah dicontohkan dan paling penting adalah proses awal perlu kesabaran. Perbedaan menyadap aren semakin lama bunga aren makin kebawah dan perolehan nira juga lebih banyak daripada pohon kelapa. Pemahaman Penyadap Nira Aren oleh Bpk (2)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Petani calon penyadap nira aren didampingi oleh Kepala Desa Bapak Rasim ini secara aktif memperhatikan proses penyadapan nira aren yang dipraktekkan oleh Bapak Warsito dari Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng. Cara menyadap nira aren (1)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dengan praktek langsung di pohon aren ini, masyarakat lebih gamblang dan jelas, sekalipun masih ada beberapa pertanyaan seputar sadapan nira aren ini. Disamping praktek juga diberikan penjelasan melalui paparan proses penyadapan aren dan manfaat pohon aren seperti buah kolang kalingnya, ijuk, pohon serta arti konservasi dari pohon aren itu sendiri. Pohon aren yang bisa menahan air, akarnya yang cukup kuat karena mencapai kurang lebih 8m menjadikan mengurangi bahaya longsor dan erosi tanah. Saya (Kusno) yang diberi tugas untuk memberikan tambahan proses penyadapan dan fungsi/manfaat pohon aren ini dengan keterbatasan mencoba agar bisa dipahami oleh masyarakat desa Langgongsari khususnya yang hadir pada acara ini.

Pemanfaatan Pohon Aren di desa Langgongsari Cilongok oleh Kusno desa Baseh Kedungbanteng (7)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bersama meningkatan taraf kehidupan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan potensi daerah dengan memperhatikan kelestarian alam yang berkesinambungan untuk kehidupan generasi kita.

BERITA SURAT KABAR :
potensi gula aren Langgongsari

konservasi alam dengan pohon aren

Penyadap Aren Desa Baseh

2 Tanggapan to “Pelatihan Penyadapan Aren Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas”

  1. supriyanto September 25, 2014 pada 3:42 am #

    Bibit aren bisa diperoleh dimana mas, cara perawatan gimana

    • maskusno September 26, 2014 pada 7:17 am #

      bibit aren cukup banyak yg menangkar..
      perawatan tanaman cukup mudah asal pupuk kompos/kandang tercukupi disekitar tanaman…setelah besar pohon akan menyesuaikan kebutuhan nutrisi tumbuhan. Anda dr daerah mana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: