PLTMH Logawa Baseh 1

3 Apr

Suara Merdeka-PLTMH Logawa Baseh-1
PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro) Logawa Baseh-1 yang terletak di desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.
10171087_10201081596555931_2093884136_n
Pada tanggal 27 Nopember 2008, saya bersama teman mengikuti acara temu konsultasi di Pendopo Sipanji, dimana saya menyampaikan potensi yang ada di Banyumas Utara khususnya potensi wisata. Dan pada tanggal 4 Desember 2008 Wakil Bupati Bpk.Achmad Husein berkenan mengunjungi wilayah desa Baseh khususnya Curug Gomblang yang ada di pangkuan LMDH Wana Lestari, Perhutani KPH Banyumas Timur.
Pada saat itu kami bersama Bapak Wakil Bupati, Bapak Saptono, Bapak Oka, Listio Harsono (LMDH Madyo Laras), Mandor Nadim dan saya Kusno.
wabup-2
Ketika di bawah aliran Curug Gomblang tercetuslah bahwa pemafaatan air yang debit cukup untuk pembangkit tenaga listrik. Inilah tanggal 04 Desember 2008 ide muncul adanya PLTMH di Logawa.
wabup-3

Perjalanan panjang dalam proses sebuah peningkatan mutu sumber daya alam/hutan dan mutu sumber daya manusia. Melalui ketersediaan listrik akan meningkatkan taraf hidup perekenomian suatu daerah. Kegiatan pelaksanaannya sendiri telah mengurangi angka pengangguran dan kegiatan PLTMH Logawa ini telah menyerap 100 orang lebih tenaga kerja local yang diharapkan akan memakan waktu pelaksanaan 18 bulan yang dimulai bulan Nopember 2013.

bangunan PLTMH Logawa Baseh 1

Tidak mudah mempertahankan kondisi alam dengan beberapa permasalahan yang ada. Penyadaran semua pihak dalam upaya menjaga dan melestarikan kondisi hutan lereng Gunung Slamet bagian Selatan bukan hal mudah. Merupakan daerah penyangga ketersediaan air untuk wilayah kota Purwokerto dan sekitarnya.. sekaligus menjaga kondisi hutan yang harus tetap lestari. Diakui adanya kerusakan pasti hanyalah sedikit karena berbagai factor, namun hal-hal yang sifatnya dapat diperbaiki harus terus dipertahankan guna kepentingan bersama.
Salah satu factor penting adanya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan yang harus dipikirkan dan diwujudkan semua pihak. Kondisi ekonomi masyarakat desa hutan bisa dilihat dari dekat dan apakah sudah memenuhi kondisi ekonomi layak atau tidak.
Beban berat bagi masyarakat desa hutan adalah harus menjaga kondisi hutan itu harus tetap lestari, sedangkan mereka sendiri harus tetap hidup dalam pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya.
Pemahaman betapa pentingnya hutan/alam untuk kemakmuran ekonomi bukan hal yang gampang disampaikan kepada mereka. Diperlukan beberapa langkah serta komunikasi sesuai dengan kondisi alam pikiran mereka. Pendekatan yang sifatnya kekeluarga dan pendidikan praktis seperti aneka usaha tani yang disesuikan dengan potensi yang ada disekitar harus digali dan dioptimalkan.
Kemudian siapa yang bertanggung jawab untuk terus secara berkesinambungan mendampingi mereka agar tetap kondisi lestari hutanya masyarakat desa hutan sekitar juga mendapat hak hidup layak, pendidikan layak, serta terus bisa secara sadar dan ikut bertanggung jawab akan kelestarian hutan.

PLTMH Logawa Baseh-1 ini yang dikunjungi oleh Bapak Bupati, Wakil Bupati, SKPD terkait, PLN Purwokerto, PT.Sumarah Energi, PT.BIJ selaku perusahaan daerah Kabupaten Banyumas, Bank Syariah Mandiri, Camat Kedungbanteng beserta Muspika, Kepala Desa Se Kecematan Kedungbanteng, tokoh masyarkat, tokoh agama desa Baseh, dan pemerintah desa Baseh selaku penyelenggara kegiatan. Dan hadir seluruh pekerja yang terlibat dalam pembangunan PLTHM Logawa Baseh 1 yang berseragam betulisan PT.Sumarah Energi.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (53)
Acara yang diawali dengan penanaman oleh Bupati Banyumas, Wakil Bupati Banyumas, Direktur PT.BIJ, PT.Sumarah Energri, PLN, Kepala Dinpertanbunhut, Kepala ESDM, Camat Kedungbanteng, dan Kepala Desa Baseh.
Disamping secara simbolik tanaman tersebut juga disediakan bibit Alpukat 300 batang, Jintiri 300 batang untuk ditanam oleh masyarkat sekitar. Hal ini membuktikan bahwa dengan melakukan penanaman akan menumbuhkan budaya menanam untuk ketersediaan air disekitar lokasi PLTHM Logawa Baseh 1.
Bupati Bms Menanam-doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (56)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (69)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sambutan Kepala Desa Baseh yang secara umum mensyukuri adanya pembangunan PLTMH di desa Baseh yang diharapkan akan meningkatan perekonomian warganya terutama yang terlibat dalam pekerjaan pembangunan juga pendapatan daerah.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (14)
Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur PT.Sumarah Energi yang sambutannya menggunakan bahasa Banyumas (dengan teks) bersyukur agar adanya pembangunan PLTMH Logawa ini akan menjadi berkah oleh masyarakat sekitarnya.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (16)
Direktur BIJ Bapak Drs.Slamet Sudiro, MM. juga menyampaikan hal yang sama dan terima kasih atas kerjasamanya terutama masyarakat selama ini hingga terlaksananya pembangunan PLTMH Logawa Baseh 1 yang telah mencapai 35%.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (17)
Bapak Bupati Banyumas menyampaikan adanya PLTHM Logawa Baseh 1 ini merupakan pemanfaatan sumber daya alam kekayaan alam yang ada di desa Baseh ini untuk meningkatkan sebesar-besar kemakmuran masyarakat. Penyerapan tenaga kerja juga harus diutamakan dari warga sekitar khususnya dari desa Baseh. Dengan adanya pembangkit listrik yang memanfaatkan potensi air sungai Logawa ini diharapkan akan mendatangkan investor yang pro lingkungan yang tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Sungai Logawa yang diharapkan akan dapat terbangun 5(lima) titik PLTMH tentunya akan berdampak positif secara luas karena akan memproduksi minimal 15 MW. PLTMH Logawa Baseh 1 ini berkapasitas 3 MW (2×1.500MW). Yang tentunya akan meningkatkan pendapat daerah kabupaten Banyumas. Disamping PAD Banyumas diharapkan perusahaan yang ada harus memperhatikan/membantu pembangunan di desa yang diketempatan PLTMH.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (20)
Setealah sambutan Bapak Bupati Banyumas dilanjutkan potong tumpeng…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kemudian penyerahan bantuan untuk sarana tempat ibadah kepada 3 penerima :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada kesempatan itu Bupati beserta rombongan melihat maket bangunan PLTMH Logawa Baseh-1

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


yang diterangkan oleh pihak pelaksana bangunan PLTMH Logawa Baseh 1 yaitu PT.Sumarah Energi.

Kondisi sekarang yang telah mencapai 35% telah membuktikan proses pembangunan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah ada dan diharapkan akhir tahun 2014 akan selesai dan awal 2015 PLTHM Logawa Baseh 1 akan beroparasi. AMIN

Harapan kami sebagai masyarakat yang ikut merasakan betapa pentingnya kondisi alam yang lestari sehingga ketersediaan air mencukupi dan dapat dimanfaatkan sebesar-besar kemakmuran kita semua. Untuk hal inilah mari bersama menjada alam ini, kita bukan hanya sebagai PENIKMAT ALAM SAJA tetapi HARUS MENJAGA dan MELESTARIKAN ALAM dengan Aksi nyata.
doc MasKusno di PLTMH Logawa Desa Baseh (46)
pohon jinitri dan alpukat

HUTAN DI ATAS CUKUP HIJAU DAN LEBAT.

doc maskusno bms (2)

doc maskusno bms (3)

Ditulis oleh KUSNO (Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat/PKSM, Kader Konservasi Alam/KKA dan Kader Lingkungan Banyumas)
mohon kiranya bersama saling memahami dan mengerti, bahwa alam ini harus kita LESTARIKAN….karena ALAM ini Titipan ANAK CUCU KITA.
BUDAYA MALU APAPBILA TIDAK MENANAM TANAMAN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: