Bank Sampah “Sumber Berkah” BLH Banyumas

21 Feb

Purwokerto, 21 Februari 2014
DSC05205
Bertepatan dengan hari PEDULI SAMPAH NASIONAL, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas dalam upaya meningkatkan perbaikan lingkungan pada hari Jum’at 21 Februari 2014 mengadakan kegiatan Lauching Bank Sampah yang diadakan di Perkantoran Kompleks GOR Satria Purwokerto.
Kegiatan yang dilakukan di halaman BLH Kabupaten Banyumas ini dan dihadiri dari berbagai unsur kedinasan, sekolah, tokoh lingkungan atau para penggiat lingkungan, mendapat respon positif. Kegiatan ini juga dilakukan proses penanganan sampah organic dengan model KASPARI. Model KASPARI ini mempunyai nilai kebersamaan, efisien, dan tentunya akan meningkatkan pemanfaatan bahan organic diwilayah masing-masing.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Pada tahap ini akan dibentuk 40 unit bank sampah di wilayah kota sebagai percontohan untuk masyarakat dan diharapkan tahun berikut akan lebih banyak terbentuk bank sampah. Bank Sampah “SUMBER BERKAH” yang berada di komplek perkantoran GOR menjadi salah satu contoh yang dipamerkan pada kesempatan acara ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Kepala BLH Kabupaten Banyumas Bapak Dwi Pindarto, SH., M.Hum. dengan semangat bersama melakukan proses pengolahan sampah organic model KASPARI. Beliau menyampaikan secara gamblang dan jelas bahwa proses seperti ini sangat efektif dan berdampak ekonomi seperti pengakutan sampah ke TPA akan lebih sedikit karena proses organic dilakukan di wilayah masing-masing dengan proses model KASPARI. Disamping hal ini pemanfaatan sampah organic juga akan manambah kesuburan tanah disekitar kita. Ada nilai kebersamaan dalam proses pengolahannya.
Hal ini juga salah satu mendukung pencapaian Banyumas dalam penilaian Adipura tahun ini yang tentunya harus didukung oleh semua pihak.
bank sampah BLH Bms (3)
Hal senada juga disampaikan Pak Subarkah Setyonagoro Humas BLH Kab.Banyumas.

sekre banksampah-3
Saya sebagai salah satu masyarakat yang turut serta pada proses kegiatan ini juga merasakan betapa pentingnya pengolahan sampah seperti ini. Diharapkan diawali dari rumah tangga untuk mengolah sampah masing-masing agar lebih bermanfaat, baik untuk kesuburan lahan ataupun nilai tambah untuk sampah anorganik dengan pengolahan bank sampah di wilayah masing-masing.
bank sampah BLH Bms (4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: