Banjir

17 Jan

BANJIR
kekeringan-dan-banjir

Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan umat manusia, hewan dan tumbuhan. Keberadaan air yang begitu melimpah ternyata jumlah air tawar yang bisa dikonsumsi untuk minum tidak lebih dari 2,5 % saja. Kalau melihat permukaan bumi ini 78,8% diliputi air, akan tetapi tidak keseluruhan air tersebut dapat dikonsumsi manusia. 97,5 % terdiri dari air asin, 2,5% berupa air tawar. Apabila melihat jumlah 2,5% air tawar itu paling banyak berupa glesier/gletser/ bongkahan es sejumlah 68,7 %. Kandungan air tawar terbesar kedua tersimpan di dalam tanah dalam bentuk air tanah sebesar 30,1% dan 0,8% tersimpan dalam bentuk tanah beku. (permafrost).
Keseluruhan air tawar yang dimiliki bumi hanya 0,4% yang terdapat dipermukaan tanah (surface) dan atmosfir. Air tawar yang sejumlah 0,4% ini yang menjadi sumber kehidupan umat manusia dan sering diperebutkan oleh kita.
Menyadari arti sebuah AIR dalam kehidupan ini, memahami arti sebuah AIR sebagai bagian SANGAT PENTING, memahami AIR bagian dari KaruniaNya. Ketika kewajiban ini hanya dipahami tidak melakukan tindakan nyata dalam mempertahankan air tetap pada sisi diri ini, bahkan melekat erat pada badan ini yang setiap insan sangat membutuhkannya, bukan tidak mungkin tahun depan kita tidak lagi melihat air seperti saat ini.
Ketika kita melihat air jernih menelusuri lembah, sungai…. bebas menuju muara di laut lepas… kita hanya berpikir itu merupakan hal biasa…
Bagaimana mempertahankan air agar bisa lebih banyak bertahan di pori-pori bumi yang kita injak setiap saat ini. [[ berbagai sumber ]]

Ketika air hujan turun dan banjir…. Rame-rame menyalahkan hutan gundul, banyak pencurian kayu hutan, penangan sepadan sungai yang tidak pada aturannya…dll.

Seberapa besar kesalahan kita menghilangkan jalan air meresap ke bumi….
Seberapa besar aliran sepadan sungai yang disulap menjadi tembok beton….
Seberapa besar kita ikut berperan aktif mengendalikan banjir…
Seberapa besar kita ikut berperan serta menjaga keseimbangan alam ini sebagai amanah…

Sangat mudah buat kita saling menyalahkan…( Ya Tuhanku…ampunilah aku ini yang belum bisa menjaga amanahMu untuk menjaga agar alam tidak rusak seperti ini )

AIR…kau sungguh mulia sekarang…bisa masuk kantor….bisa jalan di tol…bisa naik mobil mewah…bisa membawa harta benda bagus…telah menjadi bintang terkenal di media informasi..
AIR…aku sadar kami telah merampas hak-hakmu jalanmu telah dipakai oleh kami… jalanmu telah tercemar oleh ulah kami….jalanmu telah tiada….maafkan kami….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: