Madu Murni Lebah Hutan

29 Okt

Baseh, 29 Oktober 2012

Lebah hidup dalam kawasan yang tersedia sumber pakan yang cukup. Keadaan ini dapat diukur dengan tingkat keberhasilan masyarakat dalam upaya dan melakukan kegiatan penghijauan dilingkungannya. Hal ini berdampak positif pada bidang lingkungan alam berupa tumbuhnya berbagai jenis tanaman yang dapat memberikan kehidupan aneka satwa seperti lebah.

madu Gung

madu murni
Salah satu budidaya lebah lokal yang dilakukan oleh kelompok tani Gunung Slamet Hijau dan cukup menambah penghasilan ekonomi. Sumber pakan lebah dari kembang kalendra, kopi, salak, durian, rambutan, kelapa dan masih banyak jenis tanaman yang tumbuh subur disekitarnya. Hal ini menarik perhatian masyarakat untuk budidaya lebah madu dan mengambil madu dari hutan diantaranya :
1. Warto
2. Agus
3. Tukul
mereka sudah cukup lihai mengambil madu hutan sekalipun berada di pohon yang cukup tinggi dan besar yaitu lebah Gung (tawon gung).

Ada beberapa jenis lebah yang dapat diambil madunya…

Lebah Lokal yang dibudidaya oleh masyarakat seperti gambar di atas. Walaupun harga madu dari lebah ini lebih murah namun sangat digemari karena jenis lebah ini yang dapat dibudidaya.

Lebah Nggung (Lebah Hutan) salah satu jenis lebah yang hidup liar dihutan sekitar kita. Lebah ini menghasilkan madu yang sangat baik untuk kesehatan dan harganya cukup mahal. Permintaan madu jenis lebah ini cukup banyak. Madu ini menjadi penting karena dengan produksi madu hutan menjadi indikator keadaan hutan yang baik. Dengan mendukung madu hutan ini berarti ikut berpartisipasi pada kelestarian hutan. Bareng menjaga hutan untuk meningkatkan produksi lebah madu hutan.

Warto

Tawon Nggung- (3)Madu ini telah dipasarkan secara mulut lewat mulut antar teman dan ternyata permintaan cukup baik.
Kegiatan ini diharapkan mendapat perhatian dan pembinaan dari dinas terkait yaitu dinas Kehutanan. Diperlukan pelatihan khusus budidaya lebah madu supaya dapat meningkatkan produksinya dengan mutu yang lebih baik lagi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: