WIKABA (Windujaya-Kalisalak-Baseh)

10 Jun

Baseh, 10 Juni 2012

wikaba-windujaya-kalisalak-baseh-3-desa-3-lmdh

Kespakatan 3 LMDH yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2008 mempunyai dampak positif bagi ketiga desa tersebut.
kesepakatan-wikaba-windujaya-kalisalak-baseh

Berawal dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan yang disingkat LMDH tersebut dapat meningkatkan pemahaman arti sebuah penjagaan hutan. Kolaborasi lembaga dalam kawasan desa hutan menumbuhkan rasa cinta kepada hutan negara maupun pembanguan kehutanan di wilayah hutan rakyat. Penggalian potensi yang ada membuka wawasan baru pada pola pemberdayaan masyarakat yang dimiliki.
Potensi alam dan potensi sumber daya manusia, dimana alam sangat berperan penting pada sikap perilaku masyarakat apabila tidak ditingkatkan arti dan fungsi hutan tentunya berdampak kerusakan hutan. Keberlangsungan lestarinya hutan terutama yang diwilayah pangkuan hutan ketiga LMDH ini sangat mempengaruhi ketersediaan air dan kemakmuran masyarakat sekitar dan Banyumas bagian utara.

Memadukan antara lembaga dan instansi untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dengan tujuan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap hutan berkurang. Sektor yang terkait cukup banyak apabila kita gali untuk pengembangan sumber daya manusia dan mengoptimalkan jasa lingkungan.
Perlindungan sumber mata air, perlindungan aneka tumbuhan, dan penataan beberapa aneka usaha tani yang berbasis pada lingkungan yang lestari harus terus ditingkatkan.

Pemerintah desa yang berfungsi sebagai pembina utama dalam wilayah ini sangat penting disamping dinas terkait.
Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) yang mempunyai inisiatif membentuk kesepakatan WIKABA ini harus memberikan jalan alternatif peningkatan ekonomi masyarakat dalam upaya mendukung kelangsungan hutan lestari.
Visi PKSM Banyumas (KUSNO)
Mantapnya Kawasan Hutan Lestari dan Subur Menuju Masyarakat Adil Makmur
pertemuan-wikaba-windujaya-kalisalak-baseh

gubug-pertemuan-wikaba-windujaya-kalisalak-baseh

Terus mencoba mencari potensi yang dimiliki bagi dari SDA maupun SDM nya. Pola peningkatan kesadaran masyarakat harus mengikuti jalan pikiria n dan harapan masyarakat agar tidak terjebak pada pemaksaan kehendak yang tidak sesuai dengan kondisi SDA dan SDM setempat. Peluang wisata alam menjadi salah satu sasaran yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi berkelanjutan dan bedampak efek cukup banyak. Namun faktor kelestarian alam dengan memberikan batasan pada tujuan WIKABA secara global untuk kedepan.

Salah satu pontensi alam adalah Curug Gomblang Desa Baseh

curug-gomblang-desa-baseh-wisata-wikaba

Semoga catatan ini kedepan menjadi bagian perjalanan keberlangsungan lestarinya alam dan makmurnya masyarakat WIKABA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: